Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2010

Mesjid Al Muhajirin Banjarbaru Halangan dan rintangan dalam menuntut ilmu

Mesjid Muhajirin Banjarbaru, Minggu 26 Desember 2010 jam 18.30-20.00 WITA Oleh guru Abul Hasan Kitab Minhajul Abidin. Orang beribadah itu harus tau ilmunya. Jika beribadah tanpa ilmu maka di tolak oleh Allah. Dan bagi kita yang sudah beribadah jika merasa masih sedikit ilmunya, belum cukup ilmunya atau masih merasa belum berilmu misalnya kita shalat berjama'ah dan merasa masih ada riya dan mengharapkan pujian orang lain kitak lalu tidak berhenti shalat berjamaah. Kita tetap shalat berjamaah, dan rasa riya atau penyakit hatinya di obati. Jadi ibadah terus jalan dan kekurangannya berusaha kita tutupi dan lengkapi. Cara memperbaikinya, melengkapiny adalah dengan menuntut ilmu. Menuntut ilmu seperti orang mandi setiap hari. Tidak ada manusia yang bersih dari kotoran semenjak lahir kecuali Rasulullah SAW. Maka dari itu dibersihkan setiap hari dengan mandi. Menuntut ilmu sama maknanya dengan mandi di sini, kekurangan kita, kebelumtahuan, ketidaktahuan dalam beribadah kita perbaiki den

Mesjid Batas Kota Banjarbaru Bab setelah terbit matahari

Kitab Hidayatushsholihin halam 36 Masjid Nurul falah Batas kota (baskot) Jum'at 24 Desember 2010 jam 18.30 - 20.00 WITA oleh KH. Burhanuddin Ilmu yang baik itu memiliki beberapa kriteria, diantaranya membuat semakain takut kepada Allah, membuat hati menjadi terang untuk melihat dan mengetahui aib dirinya, mengetahui ilmu tentang ibadah,dan membuat semakin gemar terhadap akhirat. sedangkan kehidupan dunia itu meliputi 5, yaitu : 1. Permainan, 2. kesia-siaan, 3. berhias, 4. Persaingan dan 5. Menumpuk-numpuk harta. Ulama mengatakan 5 tersebut di kalikan 8 jadi 40. Jadi ada tambahannya. 1. Permainan, yatiu umur 0-8 tahun, bysanya kita kerjaannya hanya bermain, 2. Kesia-siaan, umur 8-16 tahun, bysanya kita banyak yang berbuat sia-sia, ngbrol sampai beberapa jam dihabiskan, 3. Berhias, umur 16-24 kita sudah baligh sering berhias apa lagi yang punya pacar, tau di lawan jenis, 4. bersaing umur 24-32, 5. Menumpuk-numpuk harta umur 32-40 bysanya manusia berusaha terus untuk mengum

Malam hari di Kampus Mahasiswa

Selesai mubes mahasiswa FMIPA UNLAM sidang pleno A, saat beranjak turun ke bawah dari lantai 3 gedung 5 FMIPA UNLAM aku terhenyak sebentar. Aku terdorong ingin menuju pinggir ujung dekat pagar gedung di Lantai 3. Aku berdiam sejenak disitu melepaskan pandanganku ke gedung-gedung kampus Unlam. Gedung kedokteran, ku terbayang gedung-gedung tersebut menghasilkan produk orang yang memiliki keahlian perbidang profesinya, ada kedokteran, farmasi, biologi, pertanian dan sebagainya. yang kesemuanya itu memiliki jurusan, kespesifikan, ilmu masing-masing. Setiap masa tertentu sejumlah orang-orang sarjana yang memiliki keahlian dihasilkan. Namun, aku masih saja terpikir apakah karya yang sudah dihasilkan dari orang-orang keluaran kampus ini. Seharusnya satu sarjana saja sudah dapat membawa perubahan peningkatan keadaan masyarakat, lingkungan, daerah dan Indonesia. yang saya dengar seperti kata bung Karno, berikan saya 100 orang tua maka saya bisa merubah Indonesia, namun berikanlah 5 orang pemud

Keahlian, keseimbangan dan kebiasaan.

Pulang dari kuliah siang tadi, cepet2 pulang ke kos mau jumatan eh... ketemu ibu-ibu yang bawa nampan di atas kepalanya tanpa di pegang. hebat banget tu ibu keseimbangannya. jadinya putar kembali lagi deh ngburu mengabadikan gambarnya. Tapi dari belakang aja kalo dari depan ntar ibunya malu trus ga konsen lagi bawa nampannya. nanti bisa jadi tumpah. Kejadiaannya di Banjarbaru jam kurang lebih jam 12.00 WITA.

Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia 2010 (OSNPTI2010)

Pertama kali mendengar dan mengetahui ada olimpiade Biologi OSN di PS Biologi (Program Studi), ada tempelan kertas yang bertuliskan yang mendaftar Olimpiade biologi. Di bawahnya sederetan nama-nama yang telah mendaftar sebagai peserta. Dalam hati pengen ikut juga, walaupun ragu karena aku teringat belajarku yang " belang bentong ". Iseng, ku tulis namaku di bawahnya "ENDAR PRAYUDI" pake huruf besar semua, maklum mantan petugas Sensus Penduduk 2010 jadi tulisan harus standar huruf balok. Setelah itu lewat sudahlah, jarang ke kampus. Terlupa begitu saja. Waktu berlalu, aku ada ke kampus lagi datang ke PS Biologi, kalo tidak salah waktu siang hari jam 01.. an. Datang d ruang tamu PS. Di situ temen-temen sedang sibuk lagi daftar OSNPTI2010 Biologi online. Aku tidak tau lagi ngapain mereka. Ku tanya aja "Lagi ngapain?". "Lagi daftar OSN online ka" kata mereka. Aku daftarkan donk. Iya ka habis ini. Maka aku didaftarkan oleh temen-temen adek ting

Sungai Tabuk, dan holiday bersama Babe n Ka sasa

Kmaren kegiatan kembali dilaksankan, yaitu tempatnya pada Desa Keliling Benteng Ilir, Tajau Landung Lalu Sei Bangkal. Dari jadwal jam 10.00 Wita saya dan TIM baru bisa sampai di lokasi jam 11.04 dikarenakan medan jalan yang bergelombang disertai jalan yang digenangi banjir air di beberapa bagian. Syukurlah semua berjalan lancar. Meskipun pada saat kegiatan belum selesai sebagian warga ada yang pulang, nmaun sebagian lagi terus mengikuti kegiatan sampai akhir. Di tiga desa tersebut setiap tahun selalu menjadi langganan banjir. Menurut pembakal (kepala desa) dulu banjirnya hanya sebentar dan tidak terlalu dalam. sekarang banjirnya lama dan dalam. Menurut warga perangkat desa, didesa ini dulu kalau di bagian hulu (pegunungan meratus) terjadi hujan satu minggu kemudian baru air sungai menjadi keruh. kalau sekarang di hulu hujan, satu hari itu juga air sungai langsung menjadi keruh. Kejadian ini mengindikasikan bahwa di pegunungan meratus terjadi kerusakan hutan. Pohon-pohon y

Pengalaman Baru Bersama Dirjen MIgas

Dirjen Migas, adalah senjata ampuh yang selalu kami gunakan ketika turun kelapangan dalam rangka penyuluhan penggunaan gas LPJ 3 kg. Program pemerintah pengalihan atau konversi minyak tanah ke gas telah di lakukan. Tahun 2011 ini dengar-dengar pembagian peralatan kompor gas dan tabung LPJ 3 KG akan dilaksanakan di Klaimantan Selatan. Sebagai bagian yang termasuk dalam program pemerintah tersebut aku mendapat banyak pelajaran, pengalaman, dan kenyataan keadaan di lapangan (masyarakat). Mulai dari desa yang jauh, medah yang terjal, mendaki, jalan yang kadang mulus dan kadang berbatu, banjir, dan berjumpa langsung dengan masyarakat. Berbagai keingintahuan dan antusiasme yang berbeda pada setiap masyarakat. Teman-teman satu tim juga yang memiliki kelebihan masing-masing dan ku bisa selalu belajar dan mendapatkan hal baru dari mereka. Terutama "Babe" sebagai orang yang selalu memberikan banyak hal dan pikiran baru bagiku. Meskipun di tengah-tengah kesulitan beliau tetap bisa saja

Dua hati

Ku mulai tulisan ku ini. Lama sekali dah ga buka dan nulis di blog lagi. Rasanya terlalu sibuk hingga tak dapat mengkreasikan aksara-aksara lagi. Hup, kisah hidupku kali ini pada perjalanan kasih. Dua orang yang kini berada di ambang pintu hatiku. mengetuk perlahan menyampaikan salam meminta izin untuk masuk. masing-masing punya kelebihan. Yang satu sudah lama ku kenal. teman sejak SMA. aku sudah sedikit banyak mengenalnya dan akupun sudah sayang padanya. Yang satu lagi adalah baru saja ku kenal. Dia memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, semangat yang tidak dimiliki semua orang. Baru pertama kali juga ada cewe yang mengingatkanku untuk menjaga aurat. Menyampaikan yang benar mencegah yang salah. Jarang orang bisa melakukannya termasuk diriku. Tapi dia sudah mengamalkannya. Cinta, kasih, sayang rindu apa sie artinya? Yang aku pahami hanya sayang dan kangen. Untuk cinta aku belum tau bagaimana artinya dan bagaimana bentuknya. Apa sie cinta, kasih, rindu, perhatian, pertanyaan yang

Ungkapan Isi Hati yang Sepi dan Mecari Jalan Keluar

Hujan turun deras di tengah malam ini. jam menunjukkan tepat pukul 01.03. Masih di desa Lihung untuk menyelesaikan matakuliah KKN. Aku ingin menulis disini mengatakan isi hatiku menuliskan jalan pikiranku. KKN ini sampai aku menulis kata ini baru saja aku teringat tersadar bahwa niatku KKN di sini dari pertama samapai beberapa detik lalu meleset tidak berada pada tempatnya. (Hujan turun bertambah deras, sungai Martapura di belakang rumah akan semakin dalam lagi). Seharusnya aq berniat melaksanakan KKN di Desa Lihung ini untuk belajar dan menuntut ilmu, namun aq hanya menjalani hari hari KKN tanpa niat yang pasti. Hati yang sering sunyi, kesepian, masih belum mendapatkan ketenangan. Keraguan dan was-was masih selalu menghampiriku setiap waktu. tetap mencoba menemukan kebenaran dan keyakinan. Mencoba beberapa cara-cara dan jalan. Sekarang melihat sejarah hidup Muhammad dalam buku karangan muhammad Husain Haekal sebagai pegangan dan pembanding dijalur dan perputaran hidupku. Aku be

HARI ke-3 KKN DESA LIHUNG KARANG INTAN

Pagi ini kami bangun 10 menit lebih pagi dari hari biasanya. Jam 06.20 kami membuka mata. seperti biasa Ajjah (Fisika) membangunkan kami. Setelah mata terbuka agak lebar aku langsung turun ke batang. Batang yaitu tempat beraktifitas dipinggir sungai yang terbuat dari bambu yang disusun sedemikian sampai batang mengapung. mandi, mencuci, dan jamban (wc)adalah aktivitas yang dilakukan di batang. Di batang aku batambungas (mencuci muka), dan menunaikan hajat. saat di wc ada ikan lewat di dalam air, bentuknya seperti ikan nila bedanya warnanya hitam. ikan tersebut berennang melenggang dengan bbebasnya di bawahku. dibawah jamban. Setelah selesai betambungas, mandi, kami melaksanakan agenda yang telah disusun pada malam tadi tanpa makan pagi kami berangkat tempat pak sekdes Desa Lihung Pak salman. Kami jalan kaki ke tempat bapaknya melewati jembatan gantung. Jembatan ini menghubungkan antara RT 1, 2 dengan RT 3 di Desa Lihung. Jembatan gantung ini bergoyang-goyang jika dilewati. samapi

HARI Ke-2 KKN DESA LIHUNG KARANG INTAN

Kamis pagi bangun pukul 6.25, mata terasa sangat berat karena tadi malam begadang buat entri blog, otak atik modem baru, n nonton piala dunia spanyol vs Jerman yang berakhir dengan skor 1 - 0. Pagi hari dapat bangun karena digerak teman kami si anjang. Siang harinya aku (endar) dan fikky pergy ke kota buat ambil printer n motor untuk pergerakan kami. tengah hari aku sampai kembali ke lokasi desa lihung. sampai di tempat aku langsung mengusahakan untuk tidur karena mata rasanya ngantuk sekali. tidur siang pun dapat ku jalani dengan rasanya tidur seperti dari perjaanan jauh. setelah shalat dhuhur kami mencoba bersosialisasi dan berkenalan dengan penduduk sekitar. waktu sosialisasi kami ngobrol dengan ibu penjual bensin dan kami diajak kerumah beliau. Di rumah beliau tepat di samping teras terdapat pohon jeruk bali yang batangnya relatif besar dan berbuah cukup banyak. diperkirakan umur jeruk jeruk bali tersebut 30 an tahun. Buahnya relatif besar seperti buah jeruk bali

KKN DESA LIHUNG KEC. KARANG INTAN

KKN tahun 2010 FMIPA Unlam banjarbaru dilaksanakan di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan selatan. Kecamatan Karang Intan Terdiri dari 26 desa. sedangkan untuk KKN FMIPA UNLAM tahun 2010 dilaksanakan di 23 desa. Penulis bersama teman-teman dalam satu kelompok yaitu kelompok 11 di Desa Lihung. Anggota kelompok kami terdiri dari 10 orang : Endar Prayudi/Biologi (ketua kelompok), Fikky/Ilmu Komputer (Wakil Ketua), Nirmala Pasemah/Farmasi (sekertaris), Ajjah/Fisika (bendahara), M. Gozali/Kimia (Anggota), Ruhi/farmasi (Anggota), Anggi/Kimia (Anggota), Ayu/Matematika (Anggota), Maryam/Matematika (anggota) dan Meirina Sari/Ilmu Komputer (Anggota "yang punya Leptop Buat nls d blog"). Kecamatan karang intan pusat pemerintahannya (kantor kecamatan) berada +- 12 km dr Martapura. Menggunakan Kendaraan sekitar 30 menit waktu tempuhnya dari Banjarbaru/Martapura. Akses jalan masuk ke Kec Karang Intan ada 2, yaitu melalui martapura atau Banjarbaru. Untuk pusat pemerintaha

Halangan tak dapat dihindari

Setiap orang hidup pasti punya masalah, cobaan dan ujian hidupnya sendiri-sendiri. tdk ada orang yang hidup dengan mulus tanpa ada ujian atau halangan. Seperti yang q rasakan, q berusaha dengan banyak cara untuk menghindari masalah ITU, akhirnya ujung-ujungnnya mau tak mau aku harus menghadapinya juga. sebagaimanapun aku lihai pandai menghindar atau berlari pasti akan bertemu dengan halangan tersebut dan menghadapinya satu lawan satu. bertarung dan berbicara menatap serta menjalani halangan tersebut. dari situ aku mulai sadar bahwa masalah, cobaan atau halangan tidak bisa aku hindari. masalah halangan atau cobaan yang dtg hanya dapat 3 pilihan yaitu dihadapi, dijalani atau di cegah. Masalah halangan atau cobaan yang sudah dtg tdk bisa lg di cegah. pencegahan dapat dilakukan sebelum mslah, cobaan atu halangan datang. Masalah yang menyapa kita hanya memiliki dua pilihan, dihadapi dengan gagah berani, atau dijalani tanpa perlawanan (perjuangan). Peristiwa hari ini mengajarkanku ba

Semangat yang Naik Turun

Wawancara entrepreneurship of Lambung Mangkurat Unniversity telah dilalui. Dengan berempat (Mujattaini fisika 07, Masdianah Tanah 07, Yayu,Endar Biologi 08,07)kami datang untuk menghadapi sang pewawancara.sekitar 3 stegah jam menunggu giliran diwawancara.N alhamdulillah bisa dilalui dengan positif dan harap unutk tembus besar. entrpreneurship. Tlah meniup kapal layarku hingga arahku tak lg lulus kuliah mendaftar di... namun berwirausaha sendiri membuka usaha baru dan dapat memerlukan/memberikan pekerjaan pada orang lain. jika usaha baru dapat terbentuk. apapun bentuknya hal tersebut akan membuka dan menyerap tenaga kerja, yang akan menjadi lapangan pekerjaan untuk teman-teman kita yang mencari kerja. Cinta,. masalah cinta memang rumit kata sepupuku cinta tidak bisa dirumuskan tidak bisa di nalar. apakah cinta dapat dirasakan oleh orang yang dicintai meski tidak diungkapkan?

Memulai dari Awal

Jum'at 9 april 2010, mulai membentuk blog baru. dulu sekali pernah bikin blog, karena masih kurangnya ide apa yang mau ditulis maka terhenti sampai sekian lama. terus hari nie tadi beli sebuah kamera baru. dan semangat dan motivasi timbul untuk berbagi n berkreativitas... "aku Yakin Allah memiliki rencana yang menakjubkan dalam hidupku". semoga hidupku bermanfaat sebesar-besarnya...