Langsung ke konten utama

Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia 2010 (OSNPTI2010)

Pertama kali mendengar dan mengetahui ada olimpiade Biologi OSN di PS Biologi (Program Studi), ada tempelan kertas yang bertuliskan yang mendaftar Olimpiade biologi. Di bawahnya sederetan nama-nama yang telah mendaftar sebagai peserta. Dalam hati pengen ikut juga, walaupun ragu karena aku teringat belajarku yang "belang bentong". Iseng, ku tulis namaku di bawahnya "ENDAR PRAYUDI" pake huruf besar semua, maklum mantan petugas Sensus Penduduk 2010 jadi tulisan harus standar huruf balok. Setelah itu lewat sudahlah, jarang ke kampus. Terlupa begitu saja. Waktu berlalu, aku ada ke kampus lagi datang ke PS Biologi, kalo tidak salah waktu siang hari jam 01.. an. Datang d ruang tamu PS. Di situ temen-temen sedang sibuk lagi daftar OSNPTI2010 Biologi online. Aku tidak tau lagi ngapain mereka. Ku tanya aja "Lagi ngapain?". "Lagi daftar OSN online ka" kata mereka. Aku daftarkan donk. Iya ka habis ini. Maka aku didaftarkan oleh temen-temen adek tingkatku. Jadi terdaftarlah aku menjadi peserta Olimpiade Biologi 2010. Setelah terdaftar waktu kulaluo begitu saja tanpa ada persiapan sama sekali. Maklum mahasiswa organisatoris kecil-kecilan sok sibuk, ada aja yang dikerjakan diluar kampus. Entrepreneur juga, jualan. Mendekati hari H pelaksanaan seleksi aku masih tetap santai tanpa beban sedikitpun dan tak pernah melihat pengumuman di PS atau di Websitenya OSN. Niatku ikut, hanya ingin paling tidak dapat kaos pertamina, lumayan tu nambah keanekaragaman kaosku. Hari H tiba tanggal 27 September 2010 tepat di hari sabtu jam 8.00 WITA harus sudah ada di kampus. Cya.... aku kesiangan bangunnya jam 7.30. Ku tengok jam wah dah jam 8 kurang nie kayanya dah lambat, dah mulai. Dengan santai dan tidak terburu aku mandi dan merapikan diri. Biaarlah ga ikut ga apa-apa. padahal masih sayang kaosnya ga dapat. sudah rapi n masih santai di kos HP berbunyi. tililit tilit tilit tuit.... HP fleksiku berdering endut nelpon. seorang teman baikku. Ndar, sampean dimana, cepetan ke kampus bentar lagi mulai ni. orang-orang dah pada kumpul tapi belum mulai lagi. oke, aku segera kesitu. Akhirnya kau tetap berangkat ke kampus untuk mengikitu ujian dikarenakan teman baikku ndut menelepon. Samapi di kampus langsung ke tempat panitia, registrasi, absen, tanda tangan. asyikkkk..... dalam hatiku mengatkan, dapaet baju, ID card. Langsung ku pakai. Setelah itu aku melihat acara masih belum dimulai, lalu aku langsung kabur ke ATM mandiri syariah mdi martapura untuk menstransfer uang Rp. 600.000 ke tempat temanku di palangka raya yang baru saja mendapat musibah nabrak anak kecila saat sepulang ngajar PPL. ku transferlah uang itu. dengan gerak cepa tq bragkat n kmbali lagi dari martapura. Sampai di kampus seleksi babak penyisihan sudah mulai, perkiraanku sudah 10-15 menit seleksi telah berjalan waktu ku datang. dengan agak gugup ku ijin panitia untuk masuk dan diperbolehkan. Aku masuk, dapat soal warnanya kuning, mungkin nanti bisa q upload disini buat belajar temen2, dapat lembar jawaban komputer 2 b. "Ya am, dalam hatiku berkata, "Bawa pensil 2 b ato tidak lah". Aku mencoba mencari di kotak pensilku. Alhamdulillah ada, ucapku dalam hati. Terimalasih juga kepada dosen PA ku Bapak Hasrul Satria Nur S.Si, M.Si yang dah menyarankan untuk rapi memasukkan pensil kekotak pensil dan aku mengikutinya. Ku ambil pensilnya. tereng....!!!! pensil 2bnya masih baru belum di runcingi sama sekalai. Aku gugup lagi, kulihat teman-teman disekeliling sudah asyik mengerjakan soal. aku pensil saja belum di runcingi. Dengan agak gugup ku cari cutter kecil bekas sensus penduduk yang biyasanya selalu ku bawa. di cari-dicari. akhirnya alhamdulillah dapat, didalam kotak pensil saran pak hasrul juga. Cya... namun apa, cutternya dah bertagar. tapi tak apalah, aku coba untuk mulai meruncingi. dan untungnya masih bisa. Walaupun sambil gugup aku terus meruncingi pensil 2 b ku. Meruncingi selesai aku pun mulai mengerjakan soal. Nomor 1, 2, 3, cyat.... salah bulati terlalu keluar. aku berpikir lagi bawa penghapus ga ya, ternyata ku cari di kotak pensil tak ada. Lalu kubiarkan saja. aku mengerjakan dengan hati-hati harus benar bulatinya tidak boleh salah kalau slah ga ada penghapus. Kubulati satu jawaban demi jawaban. namanya juga manusia pasti tetap saja ada yang kelewatan. ya sudah apa boleh buat tak ada penghapus jadinya kubiarkan saja. Ku jawab hampir semua soalnya, dengan perkiraan dan taruhan lebih baik ku jawab semua, benar satu nilainya 4, salah satu dikurangi 1. 4-1 masih da 3. jadi masih banyak untungnya dari pada ruginya jika salah. Sudah itu kau keluar dengan tak ada rasa beban sama sekali dan tak sangat berharap untuk bisa menang. ga ingat da dimana pengumumannya yang masuk sembilan besar. yang jelas da kabar aku masuk sembilan besar . wah.... senang rasanya. Masuk sembilan besar bikin satu makalah tentang bioenergi pedesaan dan power point sebagai syarat seleksi selanjutnya. cya..... ditengah kesibukanku bkin makalah juga. tapi mungkin karena ga ada niat yang besar untuk menang jd aku ga terlalu terbebani dengan semua ini. ku buat aja makalahnya ada waktu satu minggu untuk menyelesaikannya. dan ternyata apa yang terjadi, makalahnya baru bisa benar-benar ku sentuh 2 hari sebelum hari H, tereng.... makalah diselesaikan 2 hari. power pointtnya baru mulai dibuat pagi hari saat hari H jam 6.30 sampe 7.45. waaaah mepet banget waktunya. jadi dibuat dengan memodifikasi slide AMDAL tugas presentasi dari pak aDIT. akhirnya selesai juga slidenya tinggal ngeprint... wow... kertasnya habisss. ngprint pake apaya, pikirku.... mencari jalan keluar. print pakai kertas bekas aja. stelah diprint baru diforokopi lalu dijilid deh. nah jilidannya ini yang nantinya kukumpul. jam 8.10 ku ke kampus. orang sudah pada ngumpul namun belum dimulai. aku ngumpul maklahku. namun CDnya belum karena belum sempat memburning. habis ujian seleksi ini dah pikirku memngumpulkannya. Ujian dimulai. waktunya 120 menit ada 9 soal. semuanya kujawab sebisaku baik berdasarkan ilmu pengetahuan atau juga menggunakan jalan logikaku. lebih baik kujawab walau bagaimananpun isinya dari pada tidak. lebih baik di jawab pasti ada nilainya. tes pun selsai masing-masing kami eluar ruangan untuk menentrakkan diri, jam 12 kumpullg untuk pengumumannya. Aku keluarlah dari ruangan untuk merilekskan pikiran. aku datang ke kantin asgifteam jam 12 aku beranjak menuju masjid kampus albaythar untuk menunaikan shalat duhur berjamaah. walaupun katanya sudah suruh kumpul tapi biarlah aku mau menenangkan hatiku dulu. Selesai shalat ku berdoa ya allah berikanlah yang terbaik hasil yang terbaik yang paling baik untuk hambamu ini da kami semua. amin... Jadi apapun hasilnya dalah yang paling baik untuk kami semuanya. Ku kembali ke kampus langsung meliha tpengumuman.. orng-orang banyak berkurumun melihat pengumuman ku baca namaku ada terpampang di situ ENDAR PTAYUDI alhamdulillah ya Allah hamba masuk 3 besar. senangnya hatiku saat itu. langsung ku kabari ayah, ibu dan teman-temanku. Setelah pengumuman aku tidak makan karena lagu puasa sunah, ga ngat puasa apa ya waktu itu. jatahku kuberikan ka arsyad. seneng rasanaya waktu itu bisa memberi ke orang lain. Setelah waktu makan usai dilakukan pengundian siapa yang maju urutan pertama. aku mengambil kertas undiannya dan disitu tertera aku mendapatkan urutan nomer satu... cya... urutan kedua maharani dan ketiga ernawati. akupun maju untuk menyimpan file presentrasi. sementara aya dan erna diisoasi di ruang atas. aku presentasi.. karena baru selesai slidenya ada yang ga ingat ku edit. judulnya keliru. seharusnya kewirausahaan, di slide terketik kewiraswaan. hal itu ditanyakan juri, kujawab dengan apa adanya. baru dibuat dan slesai tadi pagi pak. kalau makalah memang punyaku agak amburadul. tapi kalau saat jawab pertanyaan alhamdulillah aku bisa jawab dengan ceplas ceplos. 50 menit berlalu waktu presentasiku selesai aku kembali duduk. Urutan kedua maharani ku panggil dari ruang isolasi. Maharanai atau biasa di panggil aya adalah mahasiswi jurusan biologi angkatan 2009. aya hebat, aku salut sama diya. walaupun masih muda dia bisa mengungguli kaka-kakatingkatnya angkatan diatasnya. walaupun saat presentasi ia masih terlhat sangat polos karena belum banyak melalui pengalamn presentasi. tapi tetap salut aku sm diya. aya mengangkat tema biogas dari kotoran ternak ayam dan itik. Giliran ketiga adalah ernawati. maklahnya bagus karena mengangkat materi yang udah banyak di internet. tentang bbiodesel pon jarak. presentasinya pun bagus seperti guru biologi. dia mampu menguasai dirinya. aku sempat berpikir lebih bagus erna dari pada aku. ku pikir dialah yang jadi juaranya. Memang kekuasaan dan segalanya tetap di tangan Allah. setelah presentasi usai dilakuka opengumuman pemenang. tenteng... tenteng... pemenang ketiga adalah ..... maharani.... hore.... tepuk tangan kami memeriahkannya. dan juara pertama adalahhhhh ENDAR PRAYUDI..... ALHAMDULILLAH .... ucapku dalam hati dan bibir perlahan..... ckrek'''ckrek... kami semua di foto..... cye.... mana bajuku beda sendiri dari yang lain. aku pake baju almameter yang lain kaos osnpti. Aku pake alma karena habis presentasi. senengngngn... banget rasanya waktu itu... jadi juara satu terus dikirim kejakarta lagi... wiiih... seneng banget rasanya rasa mimpi..... hem lahamdulillah ucapku lagi dalam hati. aku udah berniat temen-temen yang masuk 9 besar ku kasih 50.000 perorang sebagai tanda berbagi rejeki dan kebahagiaan.... ckrek... ckrek... ku difoto lagi... :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra