Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2011

Solusi yang ada namun di Elakkan

Gundah, hati merasa tak tenang seakan seperti ombak yang meledak-ledak, segala masalah yang datang dan belum terselesaikan, segala tekanan dan pressure dari berbagai pihak, hati yang kadang takut, kadang merasa kecil atau terlalu tinggi melihat hari esok, merasa sunyi dan semua masalah yang lainya yang menerjangku, menghimpitku, menyesakkan akau, menindihku sehingga seakan berat sulit untuk bernafas. Dari semua masalah yang ada itu akau mencoba mencari solusinya. Rasa ingin mencurahkan semuanya padamu, seperti yang terlihat pada yang lainnya sepertinya indah namun,, Padahal dari semua itu jalan keluar solusi atas semua maslah sudah kau dengar dan kau tau jawabannya tapi mengapa kau tak mengambilnya sebagai penyelesai maslahmu. Malah ku coba mencari ke yang lainnya, condong mengharap pada dia, dan hati masih tetap belum tersenyum. Jawaban itu sudah pernah kau ketahui dari banyak sumber banyak orang tidak hanya satu. Sejarah yang telah terjadipun sudah banyak membuktikannya bahwa itu ben

ON MIPA Olimpiade Nasional MAtematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2011 Tahap III NAsional di Bandung

Indah ternyata bila kenangan indah dapat kemdali teringat. Memang begitulah dengan banyak menigat nikmat yang pernah telah kita dapat membuat hati menjadi senang. Membuat mampu untuk bersyukur kepada tuhan semsta alam Allah yang Maha Agung. Dan begitu sbalikx. JAdi banyak-banyak lah untuk mengingat nikmat yang telah diperoleh karena jika kita senang dan mampu bersyukur maka akan ditamabh lagi nikmat itu dan bersyukur dan ditambah-tamabah lagi, ALHAMDULILLAH. Olimpiade nasional matematika dan ilmu pengethauan alam perguruan tinggi 2011 (ONMIPA-PT 2011) adalah kompetisis dibidang sains yang diselenggarakanoleh dikti untuk meningkatkan kecintaan dan kemampuan generasi muda terutama mahasiswa dibidang MIPA. ALhamdulillah Aaku adalah salah satu mahasiswa yang berkesempatan untuk ikut di ajang ini samapai ke tahap III (Tahap Nasional) yang di laksanakan di Uiversitas Pendididkan Indonesia (UPI) bandung. ONMIPA ada 3 tahapan, pertama Tahap I di Universitas masing2 untuk menyaring 7 orang ya

Bertanyalah Pada Ahlinya

Suana di luar masih rintik-rintik hujan. Aku tetap saja menembusnya, mengejar supaya cepat selesai. Motorq shock depan olinya keluar jadi selalu terlihat hitam ketika setelah dipakai meskipun baru saja dicuci. Aku tak tau kenapa, kubawa saja ke bengkel, katanya selnya, tapi bengkel tersebut tidak bisa memperbaiki, alatnya tidak ada katanya. Si ahli bengkel menyarankan bawa aja ke Adi Shock di situ ada alatnya. Lalu ku bawa motor q tercinta ke Adi shock, memang benar q disuruh memcari seal shocknya dan akan dipasangkan. Seal sudah didapat dan shock depan motor tanderq pun dipereteli dengan cepat. Begitu mudah dan terampil terlihatnya. Memang segala sesuatunya bawalah dan tanyakan pada ahlinya maka akan selesai. Ketika ban bocor dibawa ke tukang ban. Ketila motor mogok dibawa ke bengkel. Ketika lapar datang ke warung nasi. Kita selalu tau kemana kita membawa ketika ada masalah dengan motor kita. Begitupun dikala badan sakit kita datang ke dokter. Namun, sering kali kita lupa dikala kehi

Kejahatan yang kecil dapat menjadi pemicu kejahatan lebih besar

Sahabat dengarlah curahan hati ini yang mungkin akan berguna disuatu ketika ketika km akan melakukan suatu kejahatan yang km anggap kecil, apa lagi kejahatan yang besar. Kejahatan yang kecil atau yang km anggap kecil dan tidak terlalu berdosa jika km kerjakan, segera memicu munculnya kejahatan yang lain yang segera muncul berentetan dan berantai. Seperti sebuah api kecil yang menyala dan membakar hutan yang telah disiram bensin. Dan berakibat sangat besar. Dosa kejahatan yang km anggap kecil itu memang ku anggap tidak seberapa, namun kejadian dan rentetan dosa dan kejahatan yang muncul setelah itu bernilai sangat besar, dan jauh lebih besar bila dibandingkan dosa kecil yang kau perbuat di waktu awal. Jadi sahabatku, temanku aku mencegah km melakukan kejahatan yang kamu anggap kecil. Temanku aku melarang km melakukan kejahatan yang kamu angga kecil. Demi ibu bapakku, aku melarang km berbuat kejahatan kecil karena aku sendiri mengalaminya. Akan menjadi suatu kejahatan yg lebih besar besa

kado berharga ku adalah menulis

Menulis merupakan cara kita memberi kepada orang lain, tidak harus selalu berupa barang atau uang.  Para oang-orang besar jug telah menghasilkan karya melalui menulis, dan banyak orang yang menjadi pintar disebabkan mendapatkan dan "memakan" tulisan tersebut. Mungkin termasuk saya yang sampai saat ini sudah memakan beberapa menu tulisan. Misalnya menu buku bioloy yang kadang asam-manis rasanya, buku agama yang manis dan seger di tenggorokan atau buku bahasa inggris yang membuat nyari tambahan kecap atau garam biar rasanya lebih enak. Menulis pun seperti permainan kehidupan yang lain, memerlukan waktu untuk tumbuh dan berkembang agar menjadi besar. Seperti kita yang setiap hari terus makan membuat kita seukuran sekarang dari yang dulunya bayi. AKupun begitu selalu makan dan mencoba terus mencari mkan agar bisa terus tumbuh menjadi besar dan kuat. Pagi tadi Empat tokoh penulis hebat telah memberikan diantara banyak jrus rahasianya. Rindu Alamsyah mengutarakan bahwa kemauan da

Praktikan BIOUMUM Matematika 2011 "Semangat"

 Gambar 1. Praktikan biologi Umum Matematika FMIPA Unlam 2011 sedang mengerjakan pretest.    Siang hari setelah pulang jumatan badan terasa cukup lemah. Karena pagi tadi menjadi asisten pada Praktikum Transport Materi dan Energi pada mata kuliah Biologi Umum Program Studi Matematika FMIPA di Laboratorium Dasar FMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru Kalsel. Praktikum kali ini adalah praktikum kedua kalinya. Melihat praktikan yang merupakan angkatan 2011 Matematika dengan semangat yang besar sebagai seorang tholabul ilmi (sebutan bagi seorang yang menuntut ilmu) banyak memberi semangat juga kepadaku untuk bersemangat dalam kuliahku ini. Hari ini meski msh agak berantakan, alhamdulillah sudah lebih baik bila dibandingkan minggu kemarin. Hari ini aku menjadi asisten bagi kelompok 3. Satu kali praktikum ku lihat mereka rajin-rajin dan penuh semangat. Ada yang bagian menjaga proses difusi antara metilen dan cristal CuSO4, sebagian menjaga proses osmosis pada kentang dan mentim

study my finger and ear to write english.

Original japanise film. Because the english title is, For example we have nine title. So much. so is people in japan dont now understand is movie. Maen karacter. I can see. And box appear. Is call tanuki. My name chikara udon. The next. Change. Probably not.  Not only but. Oyako meanig. Is very interesting. So looks like. The power is rise. So what do tou think? in confinion. my japanese frent. We don't now. Lets star. Piece. Baby dear. I see. This is awayuki. Blowing and gathering. This is wide. USe in your country. but is the name come from. Different cake. In every budy. in japan is one name. special name. What is then japanese name professor? Some thing else. Impression. Then ending operation. The name is same but the ending is different. But if say evanova is mean women. If have different name. Interesting. Yes, we dont have many, I dont now. we just dont talk. anithing else. many doing funky. so other. what has do you have? yes is alot. Japanese language. We can see inside. E

Menulis kembali dalam menulis isi hati

Sore ini ku mulai menulis lagi. Lama sudah blog ini tidak diupdate. Sayang sudah punya blog tapi ga diisi dan dimanfaatkan. Ku mulai dari badan ini yang rasanya sudah kembali segar setelah kemaren hampir 4 harian lemah dan lunglai dikarenakan sakit. Sakit biduren, badan panas, gatel juga terasa. Setelah bentol-bentol diseluruh tubuh keluar eh, bentolnya malah berubah jadi bintik-bintik merah . Gabentol lagi sie, tapi gatal rasanya. Yang membuat lemah dan lunglai adalah panas dan pusing yang menyertainya yang menyerang bagian kepala sehingga fungsi tubuh yang lain terganggu karena pengendalinya kepala terganggu. Alhamdulillah hari ini sudah terasa segar kembali badanku. Sehat itu alhamdulillah memang nikmat dan enak sekali rasanya, bisa melakukan banyak hal, melakukan apapun. BIsa loncat-loncat, bisa manjat pagar, bisa mandi, bisa naik kendaraan, bisa beli mkanan sendiri. ALhamdulillah, pokoknya sehat itu oke.             Lanjut lagi, minggu sore gini adalah suasananya masih suasana

Modemku Kemah di dalam Rerumputan

 Gambar 1 modemku yang cantik Modem merk fodafone yang ku dapatkan dari hasil sensus penduduk 2010 di bulan Mei lalu baru saja kemah di rerumputan di dekat dinding rumah. Melalui satu hujan deras. Namun Alhamdulillah dapat pulang kembali ke kamar dengan selamat. Betapa tidak, Aisy cucu ibu kos yang satu ini, cucu almarhum seorang kapten veteran pejuang Indonesia telah mengirim modemku untuk berkemah di rerumputan. Waktu aku  sedang ke toilet, dia dengan cerdas dan kesukaan sifat anak-anaknya bermain dengan modemku. Saatku keluar, dia nyengir tertawa senang om om itu hilang . Kemana aisy punya om itu, ga tau katanya dengan gaya anak-anaknya. Ku cuba  membujuk untuk mendapatkannya lagi, kan aisy tadi yang jaga jadi dimana modemnya, ga tau hilang diambil orang... Aisy nanti kalo ga ada itunya om ga bisa make internet ga bisa belajar. Ga tau jawabnya.. ihh sabar...  setelah itu ya udah, dia mainan lagi, lihat-lihat benda-benda di kamarku dengan sifat ingin taunya. karena capek baru saja d

Kejahatan yang kecil dapat menjadi pemicu kejahatan lebih besar

Sahabat dengarlah curahan hati ini yang mungkin akan berguna disuatu ketika ketika km akan melakukan suatu kejahatan yang km anggap kecil, apa lagi kejahatan yang besar. Kejahatan yang kecil atau yang km anggap kecil dan tidak terlalu berdosa jika km kerjakan, segera memicu munculnya kejahatan yang lain yang segera muncul berentetan dan berantai. Seperti sebuah api kecil yang menyala dan membakar hutan yang telah disiram bensin. Dan berakibat sangat besar. Dosa kejahatan yang km anggap kecil itu memang ku anggap tidak seberapa, namun kejadian dan rentetan dosa dan kejahatan yang muncul setelah itu bernilai sangat besar, dan jauh lebih besar bila dibandingkan dosa kecil yang kau perbuat di waktu awal. Jadi sahabatku, temanku aku mencegah km melakukan kejahatan yang kamu anggap kecil. Temanku aku melarang km melakukan kejahatan yang kamu angga kecil. Demi ibu bapakku, aku melarang km berbuat kejahatan kecil karena aku sendiri mengalaminya. Akan menjadi suatu kejahatan yg lebih besar b

HIKMAH PEMIKIRAN DALAM PENGIRIMAN PAKET TIKI

Baru-baru saja mendapatkan sebuah hikmah pemikiran. Saat berangkat hendak  mengirim paket lewat TIKI aku melewati sebuah lembaga pendidikan Komputer, dihalamnnya berjeret banyak sekali kendaraan bermotor aku tak menghitung berapa jumlahnya, yang mengindikasikan bahwa banyak anak muda yang belajar di dalamnya. Dari banyaknya kendaraan yang parkir itu, terpikirkan oleh otak n jiwaku. Begitu banyaknya orang yang belajar, dan pasti akan banyak juga yang lulus dengan menyandang gelar si sarjana. Begitu juga di lembaga pendidikan lain, ada UNLAM, UPAYA, ANALIS, STAI dan lain sebagainya. Pikiranku bertanya, sebegitu banyaknya lembaga pendidikan dan perguruan tinggi tapi kenapa negeriku Indonesia gak maju-maju. Masih saja negeri ini dihimpit oleh berbagai permasalahan dan kesukaran yang dihadapi silih berganti. Apakah tidak bisa mahasiswa menjadi solusi permasalahan yang ada atau sekolompok mahasiswa saja bersatu untuk menelurkan satu karya yang membuat negeri negara Indonesia ini maju. Dan ta

ULAT BULU (UB) MENEMANI BELAJARKU

Siang-siang di weekend gini mau belajar ko agak berat rasanya, padahal tanggal 28 April nanti pelaksaan tahap III kompetisi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi 2011 (ON-MIPA PT 2011) yang dilaksanaka di Bandung dan aku harus mempersiapkan diri. Mau belajar baca di buku kok rasanya agak berat jadi ku berinisiatif untuk berkreasi lebih baik belajar “ULAT BULU” sebuah kasus, berita dan fakta yang sedang terjadi baru-baru ini. Dan ku pikir lebih bermanfaat menelaah masalah ulat bulu ini karena bisa mengaplikasikan ilmu Biologi yang selama ini ku cari dan pelajari. Selain itu lebih asyik rasanya langsung berhadapan membahas tentang suatu masalah biologi dari pada hanya belajar tentang teori saja yang kadang agak bikin bete.        Baiklah, Ulat Bulu baru-baru ini populasinya meledak di beberapa wilayah di Indonesia, seprti di Probolinggo Jawa Timur, NTB, Bali, Tanjung duren Jakarta Barat, Jakarta Utara, Yogyakarta (Sleman, bantul, Kulonprogo, kot

KESUKAAN MENGENAI BIOLOGI DAN SEGAL HAL YANG BERKAITAN DENGANNYA MULAI TUMBUH DENGAN CEPAT DAN SEMAKIN BERTAMBAH BESAR

Sudah hampir 2 harian ini minatku, rasa senangku, rasa sukaku tumbuh dengan terus bertambah tinggi terhadap biologi dan segala bentuk tentangnya. Tak tau pasti dimana rasa ini mulai tumbuh, namun terakhir dalam ingatanku rasa ini mulai tumbuh semenjak ku belajar di Masjid Albaythar mesjid kampus Universitas Lambung Mangkurat (yang selanjutnya disebut Unlam). Memang begitu indah, tenang dan tentram belajar di rumah Allah yang memiliki dan menguasai segala alam dan ilmu pengetahuan tentangnya. Belajar biologi aku rasakan merupakan jalan untuk mengenali kehidupan dan mengenali tentang diriku sendiri. Segala macam sistem yang terjadi dalam tubuhku secara gamblang di jelaskan dalam biologi. Sehingga mempelajari biologi membuatku semakin menyadari begitu banyak sistem dan proses yang ada dan terjadi dalam tubuh ini dan terasa semakin membuat mengerti akan begitu banyaknya anugrah dan karunia yang di anugrahkan tuhan kepada diri ini. Biologi ilmu alam, hemm... jadi senang bahwa hari ini mul

KECIL YANG TERNYATA SANGAT BERARTI

          Pengalaman dan pelajaran hidup hari ini yang ku dapat adalah sangat berartinya dan bernilainya suatu hal yang kecil yang merupakan pekerjaan yang bisa dibilang hina, kotor dan murah. Tapi padahal dibalik itu terkandung suatu makna yang sangat besar. Pelajaran hari ini ku peroleh dari kegiatan rutin Jualan Pisang Keju As~GIFTeam & WK di depan pintu gerbang UNLAM. Pelajaran penting didapat pada kegiatan cuci piring, angkat kompor, angkat meja.pelajaran yang penting dan sangat berarti adalah bukan pada pekerjaannya tapi pada kemauan untuk melakukan dan mengerjakan pekerjaan itu. Apa lagi mengerjakannya dengan semangat dan kemampuan yang terbaik itu merupakan hal yang sangat luar biasa dan rejeki yang sangat besar juga nikmat yang sangat besar. Ketika perasaan mengerjakan itu mulai hilang dan digantikan dengan rasa koler, malas atau biar orang lain sajalah yang mengerjakan atau rasanya malas dan segan untuk mengerjakannya itu adalah suatu bencana dan kesusahan karena semangat

Silica Gel (SiO2)

Hehe, hari ini aku mulai nulis lagi. Untuk artikel kali ini ku angkat "Silica Gel", karena siang tadi aku baru aja dapat silica Gel dari seorang teman namnya Meirina anak farmasi. Habisnya aku dapat tugas ngambil sampel daun durian eksotik kalimantan 5 lembar di setiap pohonnya, terus di awetkan dengan silica gel. Karena di Banjarbaru sulit mencarinya karena memang tidak ada maka aku nanya saja sama Nirmala temen ku anak farmasi. Kan dia anak farmasi jadi secara tentu tau donk diman letak posisi keberadaan silica gelnya. Katanya tempat Mei ada. Makasih ya mei dah mau ngasih silica gelnya. Makasih juga buat nirmala. Semoga kita semua kedepannya akn menjadi orang-orang yang sukses dan kaya. Apa sebenarnya silica gel itu, manfaatnya, pengguanaannya dan dari mana bahan pembuatannya? Silica Gel sering ditemukan ketika kita membeli sepatu, kamera, teropong, alat-alat komputer, pakaian, obat-obatan dan peralatan lainnya terutama pada kotak (Box)nya. Silica Gel dalam barang-barang

Diantara Dua Pilihan Jalan

Selasa 5 Maret 2011 9.30 Wita. Hari ini sebuah pilihan berada di depanku. Dua buah jalan yang harus ku pilih. Kedua jalan ini akan menentukan masa depanku. Pilihan yang berat dan penuh rasa segan dan rasa sayang. Kebiasaan hari-hari berjualan di pisang keju As~GIFTeam dan WK (Wasaka Group). Mulai buka jam 17.00 - 22.00. Suatu kebiasaan untuk melatih wirausaha dan juga memang hobby. Dalam unit kewirausahaan pisang keju ini yang mengerjakan adalah Iqbal, M. Arsyad G, Setianistitianto A.W (Ndut), Oriza N (Ocha/CB I, Lisa W (CB II), Endar P (Mbah) dari As~GIFTeam, dan Syaifullah (Ipul) dari WK (Wasaka). Pisang KEju sudah berjalan cukup lama. Rutinitas hari-hari, membuka jualan, mendirikan tenda, angkut kompor, kursi, gelas, minuman, meja, cuci piring, sapu-sapu kami lakukan secara kontinu. Memiliki keasyikan tersendiri jualan pisang keju ini. Selain jiwa entrepreneur kami terlatih, membiasakan berjualan dan mengikis rasa malu serta rasa gengsi. Ada Kebanggaan yang ku rasakan dalam jualan

OLIMPIADE NASIONAL MIPA (ON MIPA) BIOLOGI 2011 DI BUMI LAMBUNG MANGKURAT

Bumi Lambung Mangkurat tahun 2011 ini menjadi tuan rumah ON MIPA 2011 tingkat regional XII d Banjarmasin. Tahap II tingkat regional ini dilaksanakan hari rabu 30-kamis 31 Maret 2011 di Kopertais wilayah XII d Jl. Adhiyaks Banjarmasina. Acaranya cukup sederhana dan menurut ku sangat formal, antar peserta tidak saling mengenal kecuali bagi orang yang mau mendahului berkenalan. Walaupun begitu beberapa teman dari propinsi lain bisa ku jalin persahabatan dengannya seperti cempaka, kameni (Unpar Kalteng), Unmul Kaltim, dan Untan Kalbar. Menjalin tali silaturrahmi semakin membuat saling berkasih sayang diantara kita. Dan ketika saling mengenal dan berkasih sayang maka hidup akan menjadi indah dan penuh rahmat. Melihat keadaan di seleksi tahap II tingkat regional kalimantan yang belum saling mengenal aku mencoba mengajak teman-teman untuk bisa lebih akarab, Foto bareng, makan bareng, dengan harapan sudah jauh-jauh datang dari masing-masing propinsi kalau hanya untuk olimpiade saja dan tan

Mesjid Al Muhajirin Banjarbaru "Halangan dan Rintangan Dalam Menuntut Ilmu (3)

Dan ketika engaku telah tobat dengan sebenar-benarnya tobat maka melangkahlah melewati rintangan yaitu dengan cara melakukan amal ibadah. Orang kadang kala setelah bertobat berhenti sampai tobat saja tidak melanjutkan dengan melakukan amal ibadah. Berhenti di tobat inilah yang merupakan sebuah halangan-rintangan yang harus dilewati. Ketika seseorang telah bertobat sebena-benarnya dan ingin melanjutkan pada melakukan amal ibadah maka seketika iya melihat disekelilingnya banyak sekali halangan dan rintangan. Setiap dari halangan ini merintangi dan menghalangi-halangi dari beribadah pada jalan kebenaran. Sebegitu banyaknya halangan dan rintangan dalam menuntut ilmu serta dalam beribadah pada dasarnya terbagi menjadi 4 Bagian yaitu : 1. Dunia; 2. Makhluk; 3. Syetan; 4. Nafsu. Halangan dan rintangan beribadah yang pertama adalah dunia, seperti siang-malam seseorang yang berusaha mencari duit (uang) banting-tulang. Hari-hari berlalu lewat begitu saja tanpa diisi dengan amal ibadah bekal d

Mesjid Agung Al Munawarroh Trikora Banjarbaru Hidayatussalikin (1) Muqadimmah

Mesjid Agung Al Munawarrah Banjarbaru untuk pertama kalinya hari senin tanggal10 Januari 2010 jam 18.30-20.00 mengadakan majelis ta'lim/kuliah agama mengkaji kitab Hidayatussalikin yaitu petunjuk kepada jalan yang lurus. Pengajian ini dibawakan oleh Guru Abul Kasan. Hari ini tadi adalah kali yang pertama, materinya pun yang paling pertama yaitu muqadimah. Muqadimah ini menjelaskan bahwa Alhamdulillah artinya segala puji bagi Allah. Jadi segala puji itu sesungguhnya yang berhak menerimanya adalah Allah SWT. seperti pada surat Al Fatihah, Alhamdulillahirobbil'alamin artinya segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Bagaimana kita meneladaninya, yaituketika manusia mendapat pujian dari sesama manusia maka dikembalikanlah pujian itu kepada Allah Yang Maha Besar dengan mengucap alhamdulillah. Contohnya ketika seseorang di puji betapa baiknya dan ramahnya kamu, maka jawabnya alhamdulillah (segalapuji bagi Allah) maka dikembalikanlah pujian itu kepada Allah. Akan salah jika ia menj

Mesjid Al Muhajirin Banjarbaru Halangan dan rintangan dalam menuntut ilmu (2)

Masjid Al Muhajirin Banjarbaru, tgl 9 januari 2010. Kitab Minhajul Abidin(Imam Ghazali) oleh guru abul Hasan. Diantara halangan dan rintangan adalah tobat. Allah Maha suci, kita ingin beribadah kepada Allah bagaimana karena keadaan kita yang penuh maksiat, menambah-nambah maksiat dan bergelimang dengan dosa, sedangkan kita ingin beribadah kepa Allah? Caranya adalah tobat. dengan tobat yang sebenar-benarnya maka akan membersihkan segala dosa-dosa kita. Tobat itu seperti membersihkan sawah dari rumput, menabasi kebun dari rumput dan gulma sehingga menjadi bersih. Namun kenapa tobat menjadi halangan dan rintangan dalam beribadah, maksudnya adalah ketika tobat itu hanya berhenti sampai tobat saja. Seperti kebun yang sudah dibersihkan bebas dari rumput maka dibiarkan begitu saja, ini yang menjadi halangan dan rintangan dalam beribadah. Hanya berhenti sampai di tobat, itulah halangan dan rintangannya. Yang seharusnya adalah setelah bertobat maka ditanami benih-benih amal. Seperti kebun atau