Langsung ke konten utama

PAGE 16 MENYELESAIKAN SATU BUKU WAKTU


Hari raya idul fitri tahun ini ada di perantauan di Balikpapan. Hari raya pertama dan hari raya kedua di kos saja. Tidak kemana-mana. Tidak open house dan tidak mendatangi yang pada open house. Tidak kemana-mana bukan berarti tidak ada yang dikerjakan. Di rumah saja, mengamalkan kembali dan menghidupkan kembali ilmu bacakilat yang pernah dipelajari. Dua hari raya ini dimanfaatkan untuk menyelesaikan buku pengembangan diri tentang manajemen waktu, dengan judul Master Your Time Master Your Life karangan Brian Tracy, terjemahan bebasnya judul bukunya yaitu kuasai waktumu maka kau akan menguasai hidupmu.

Hari pertama lebaran membaca hampir setengah buku, hari raya kedua menyelesaikan setengah sisanya. Alhamdulillah selesai juga membaca buku ini. Selesai membaca dan memahami apa yang ingin kita ambil dari buku adalah tahap pertama yang penting untuk dilakukan. Setelah mengambil pemahaman tentang menejemn waktu maka saatnya kemudian adalah menerapkan manajemen waktu itu dalam kehidupan harian kehidupan nyata. Ilmunya dulu didapat. Mengamalkannya kemudian sekemampuannya.

Membaca itu ada ilmunya supaya kita bisa semangat saat membaca, fokus dan konsentrasi saat membaca dan tentunya tau apa isi buku yang sudah dibaca. Awal mula dulu saat membaca buku sering kali sampai di bab I. Selesai bab I mau sambung lanjut ke bab II, muncul dalam pikiran. Aku tadi baca apa ya hehehe... bacanya udah lama .. terus ga tau lagi apa yang hasil dibaca tadi. Makanya buku yang dibeli tidak selesai dibaca. dibaca sedikit sudah mentok, bosan, kehilangan semangat. Alhamdulillah setelah belajar dengan Pak Agus Setiawan tentang bacakilat, sekarang bisa membaca dan menyelesaikan buku dengan semangat, dengan konsentrasi, dengan pehaman yang tinggi sesuai tujuan membaca dengan waktu yang jauuuuh lebih cepat.

Saya sampaikan gambaran besar metode bacakilat supaya membaca bisa menyenangkan, bisa fokus, bisa semangat dan dapat pemahaman yang tinggi. Gambaran ini adalah semuanya bersumber dari metode bacakilat yang saya pelajari langsung dari founder penemunya, Master Agus Setiawan, jadi sanadnya, saya langsung ke Master bacakilatnya Pak agus Setiawan. Alhamdulillah. inilah gambaran tahapannya :

1. Pilih buku mana yang mau kita baca
2. Baca judulnya (sampul depan), sampul belakang, baca semuanya yaaaa, dan baca daftar isinya.
3. Dari membaca sampul depan belakang dan daftar isi, buatlah gambaran besar buku itu membahas  tentang apa? Misalnya buku membahas tentang menejemen waktu
4. Tulislah apa yanga ingin kamu ambil dan apa yang ingin kamu dapatkan dari mebaca buku itu, dengan rumus SAYA INGIN MEMAHAMI...... (isi titik titik dengan pemahaman apa yang ingin diambil dari buku)
5 Tulislah manfaat dalam kehidupanmu setelah menguasai ilmu dari buku tersebut  rumusnya : SUPAYA SAYA BISA.... kalau digabung : SAYA INGIN MEMAHAMI CARA MENEJEMEN WAKTU, MENGATUR WAKTU, SUPAYA SAYA BISA LEBIH PRODUKTIF, LEBIH BISA MENYELESAIKAN LEBIH BANYAK PEKERJAAN, BISA MEMBAGI ANTARA WAKTU KELUARGA, KERJA DAN IBADAH.
6. Pakai teknik metode BACAKILAT. Teknik ini bisa dipelajari dengan membacac buku Bacakilat 3.0, mengikuti pelatihan online atau mengikuti pelatihan langsung dengan trainer bacakilat. 
7. Buat mindmap buku yang kita baca. 

Berikut dikasih contoh metode bacakilat yang digunakan untuk membaca dan menyelesaikan buku Master Your Time Master your Life :
Tebal buku : 237 halaman

Gambaran isi buku : Buku ini membahas tentang cara menggunakan dan mengatur waktu, membagi waktu dan mengisi waktu supaya dapaat lebih menghasilkan, apat lebih produktif dan dapat lebih maksimal.

Tujuan membaca :Saya ingin memahami cara menggunakan waktu, mengatur waktu, membagi waktu, mengisi waktu supaya saya bisa menghasilkan lebih banyak, lebih rpoduktif dan lebih maksimal
Contoh Mindmapnya 
Gambar 1. Mindmap buku Master your time mastr your life

Membacanya sudah. Saatnya menerapkan gagasan dan pengetahuan dari buku ke kehidupan. Langkah pertama yang akan saya lakukan membuat rencana dan tujuan yang jelas hal apa yang ingin dicapai dalam waktu 1 tahun kedepan, 3 tahun kedepan, 5 tahun kedepan, dan 3 bulan kedepan. Daftar rencana, tujuan dan keadaan target yang ingin dicapai ini, dalam hal pekerjaan, keluarga, dan agama. Rencana dan tujuannya mau dibuat dengan sangat jelas dan jernih. Anggap saja jika ku ceritakan rencana ini kepada anak kecil umur 6 tahun dia akan mengerti. dan dia dapat menceritakannya lagi kepada temannya. Rencana ini dibuat dengan rumus 3P (personal, positif dan present tense). Saya, hal atau keadaan poitif, pada tanggal sekian tahun sekian.

Dalam mebuat rencana dan tujuan dimulai dengan melihat keadaan kita saat ini, dimana posisi kita sekarang berada, bagaimana keadaan kita saat ini. Kita tau garis permulaan kita saat ini berada baru kita bisa membuat rencana dan tujuan kemana kita akan menuju. Bagaiman cara mengetahui keadaan kita saat ini ? caranya yaitu bertanya kepada diri sendiri, kepada diri kita tentang :

1. Dimana sekarang kita berada? dimana posisi kita saat ini? bagaimana keadaan kita saat ini? Dalam hal pekerjaan, keluarga, dan agama. jawabannya akan memberikan gambaran keadaan saat ini

2. Bagaimana caranya kita bisa sampai pada posisi saat ini? bagaiman tahapan sehingga kita sampai pada posisi dan keadaan saat ini? hal-hal apa saja yang telah dilakukan sehingga kita berada pada posisi saat ini? posisi sukses saat ini, atau posisi apa saja. dalam hal pekerjaan, keluarga, dan agama

3. Gambaran keadaan apa yang ingin kamu capai dalam waktu 3 tahun kedepan, dalam wakatu 1 tahun kedepan dalam waktu 3 bulan kedepan? dalam pekerjaan, keluarga dan agama.

4. Cara apa yang dapat ditempuh untuk mencapai keadaan dan gambaran yang kamu inginkan, langkah langkah apa saja yang harus ditempuh, kemampuan dan keahlian apa saja yang harus disiapkan, buu apa saja yang harus dibaca, pelatihan diklat apa saja yang harus diikuti, dan siapa orang yang harus ditemui untuk mencapai keadaan tersebut. 

Semua daftar yang diperoleh ditulis, dan diurutkan mana yang merupakan paling penting, paling bernilai. Rasanya hal yang mau dilakukan adalah membuat rencana dan tujuan yang jelas dalam hal pekerjaan, keluarga dan agama. Meurutkan sesuai pentingnya, nilainya. baru menyususn langkah-langkah untuk mencapainya. dan mulai rutin memulai bertindak melaksanakan langkah pertama.

Ngomong ngomong ada dua hal yang menarik, yang sepertinya berhubungan begitu kuat, membaca dan menulis. Banyak membaca akan membuat otak kita berisi hal yang bermanfaat. semakin sering membaca semakin sering otak kita diisi. sedangkan menulis membutuhkan amunisi dan sudut pandang spesial. Ketika otak kita telah banyak mendapat asupan tambahan dan isi maka dengan mengalir akan keluar menjadi tulisan-tulisan yang berkesan, yang bermakna dan yang bermanfaat. Kata Tere Liye di balik ayat pertama yang turun Iqro, bacalah bacalah bacalah. ada hakikat yang tersembunyi. kalau membaca saja membaca saja semua orang membaca, maka apa yang dibaca apa yang dibaca tentu ada yang membuat atau menulis yang dibaca. Membaca dan menulis satu kesatuan, seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi saling memerlukan.

broo baru 937 kata ternyata. masih kurang bro. kita perlu 1.000 kata dalam satu kali nulis. Tere Liye Nyuruh gitu bro. Harus 1000 kata setiap hari selama 180 hari terus menerus tidak boleh putus kalau mau menjadi penulis. 180 hari itu dibagi banyak hari perbulan jadi sekitar 6 bulan. Rasanya pengen banget bisa jadi penulis, di bagaian sisi lainnya waktunya 180 hari lumayan lama dan berat. harap harap cemas. harap bisa jadi penulis melalui 180 hari dan lahir dengan kemampuan menulis, dan cemas takut kalo ga sampe 180 hari. Tapi kita harus menjadi pemuda yang hebat, yang tangguh, yang memiliki kelebihan, punya keunggulan. Ingin membangun Indonesia, maka harus punya keunggulan, kemampuan, kelebihan dan keahlian. 

Balikpapan, 
selasa 3 syawal 1441 H
22.29 Wita
jumlah kata :  1028 kata
Pustaka
Brian Tracy. 2016. Master Your Time Maaster Your Life. PT Elex Media komputindo: Jakarta.

 Setiawan Agus. 2019. Bacakilat 3.0 Hacks The Way you read. Quarius:Jakarta
Atau ebooknya di sini :
https://onlinecourse.id/ebook-bacakilat/affl/Endar%20Prayudi/?campaign=airhati

Pelatihan bacakilat online di sini :
https://onlinecourse.id/bacakilat-home-study-course-salespage/affl/Endar%20Prayudi/?campaign=airhati

Penghitung kata online
https://www.orion-services.biz/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

Page 69 Perjalanan ke Pontianak dan Pena Seribu Mata Pedang

Suatu hari akhir semester, setelah melewati masa ujian semester aku melakukan perjalanan mengelilingi kalimantan. Perjalanan darat lewat bus dan travel. Mulai Kota Banjarbaru, Gambut, Banjarmasin, Anjir Serapat, Memasuki Kalimantan Tengah, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Jabirin, Tumbang Nusa, Palangka Raya, Pundu, Sampit, Simpang Babi, Pembuang, Nangabulik,   Panopa, Tanjung Waringin, Betenung,   Naga Tayap, Pangkalan Suka, Sandai,   Randau, Kalam, Balai Berkuak, Ketapang, Sanggau, Sungai Ambawang, Lintang Batang, Kubu Raya Dan diujung perjalanan Kota Pontianak. Aku melakukan perjalanan darat ingin melihat bermacam keadaan kehidupan orang-orang, melihat rupa-rupa bangunan yang bermacam-macam dan melihat hamparan keindahan dan kekuasaan Tuhan di permukaan Bumi, melihat kelok-kelok sungai Kalimantan yang terkenal panjang dan bercabang cabang,   melihat tinggi bukit, hamparan hutan dan hamparan rawa. Dalam perjalanan melintasi kota-kota, kabupaten-kabupaten dan provinsi, ada satu Hal yang