Langsung ke konten utama

PAGE 15 MEMBUAT RENCANA DAN TUJUAN




Master Your Time Master Your Life adalah buku dengan gambaran isi buku cara menggunakan waktu, mengatur waktu dan mengisi waktu supaya bisa menjadi lebih produktif, mendapat hasil lebih banyak dan maksimal. Tebal buku 237 halaman.  Kelompok buku pengembangan diri. Jenis buku dikunyah dicerna. Metode yang digunakan untuk menyerap dan membaca buku ini adalah metode bacakilat yang ditemukan oleh Master Agus Setiawan. Metode membaca dengan mencapai 100% tujuan membaca dengan pemahaman yang tinggi. Metode bacakilat rekomended buat yang mau menyelesaikan buku yang sudah dibeli tapi belum dibaca-baca. Hobi beli buku tapi ga pernah dibaca.
sampulnya plastiknya aja belum dibuka. wkwkwk...
https://onlinecourse.id/ebook-bacakilat/affl/Endar%20Prayudi/?campaign=airhati
Yang dapat diambil dari buku ini adalah adalah pemahaman cara mengatur waktu, menggunakan waktu, mengelola waktu dan menejemen waktu. Dampak besar setalah membaca buku ini adalah akan mampu menggunakan dan mengisi waktu dengan hasil yang lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak, serta akan memberikan dampak kepercayaan diri yang meningkat pesat.

Saat ini adalah masa dengan begitu banyak kesempatan, begitu banyak peluang dan begitu banyak sumber daya yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan dan cita-cita kita. Teknologi yang maju, informasi yang ada dimana-mana. Namun seperti kebanyakan orang, ada begitu banyak hal yang harus kita lakukan, dan seperti melebihi dari waktu yang tersedia. waktunya terasa terlalu sedikit. Ini adalah permasalahan yang rasanya hampir dihadapi semua orang. 

Brian Tracy melakukan usaha untuk mengatasi hal tersebut, yaitu ddengan pendekatan yang berbeda terhadap waktu. Ada satu waktu yang diperlukan untuk membuat rencana, menetapkan tujuan, dan langkah-langkah mencapainya. Ada satu jenis waktu yang lainnya untuk belajar dan meningkatkan kualitas diri. Ada satu waktu yang kita perlukan untuk keluarga dan orang disekitar kita. Ada satu waktu untuk istirahat. ada satu waktu untuk meningkatkan pendapatan. Brian Tracy menyampaikan agar kita mampu menemukan, memilih dan menyediakan  dan menggunakan suatu jenis waktu tertentu untuk  suatu aktivtas atau bidang kehidupan tertentu, dan kita harus merespon aktivitas tersebut dengan sewajarnya. Jenis waktu yang tepat dalam bidang kehidupan yang tepat dan respon yang sesuai akan menghasilkan produktifitas, efektifitas dan kebahagiaan serta percaya diri.

1. WAKTU RENCANA STRATEGIS DAN PENETAPAN TUJUAN

    Empat pertanyaan penting yang disampaikan oleh Brian Tracy untuk mengetahui dimana posisi kita sekarang berada dan rencana serta tujuan apa yang akan kita tetapkan yang akan kita buat yang akan dicapai 3 tahun ke depan.

1) Dimana sekarang kita berada? Dimana posisi dan keadaan yang kita capai sekarang pada pekerjaan kita? Dimana posisi kita sekarang dalam keluarga, Dimana posisi kita sekarang dalam agama? Jawabannya akan menunjukkan keadaan kita sekarang.

2) Bagaimana cara kita bisa sampai di keadaan sekarang? bagaimana kita bisa sampai pada posisi sekarang? Bagaimana kita bisa sampai pada pencapaian dan kesuksesan saat ini? bagaimana kita bisa mencapai kegagalan saat ini. Jawaban pertanyaan ini akan menjelaskan cara dan tahapan yang telah kita lakukan hingga mencapai posisi saat ini.

3) Apa gambaran kehidupan yang ingin kamu capai dalam satu tahun kedepan? Apa gambaran posisi dan pekerjaan yang ingin kamu capai dalam satu tahun kedepan? Apa gambaran keluarga yang ingin kamu capai dalam satu tahun kedepan, dua tahun kedepan, tiga tahun kedepan? Apa keadaan agamamu yang ingin kamu capai satu tahun kedepan?

4) Apa langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai gambaran yang kamu inginkan dalam satu tahun kedepan? Rencana-rencana dan tujuan yang ingin kita capai perlu dituliskan. Tuliskan di selembar kertas, buku atau diketik di komputer. Rencana ini dibuat dengan jelas. Disebutkan oleh Brian Tracy cara membuat rencan dan tujuan ini menggunakan 3 P : Personal (saya), Posisif (hal yang baik) dan present tense (waktu sekarang atau saat ini). Contohnya saya menguasai ilmu menulis pada tanggal 20 November 2020. Saya mencetak satu buku karaangan saya sendiri pada tanggal 27 November 2020. 

Dengan menggunakan kata saya maka  pikiran bawah sadar kita akan diperintahkan untuk ikut serta mencapai apa yang kita rencanakan. Menggunakan kata positif adalah karena pikiran bawah sadar kita menerima hal positif yang kita sampikan. dan yang utama karena Allah itu sesuai dengan prasangka hambanya, berprasangka baiklah agar yang baik baik itu terjadi segera. menggunakan waktu sekarang karena pikiran bawah sadar kita tidak bisa menerima perintah waktu masa lalu dan waktu yang akan datang. Maka gunakanlah waktu sekarang : pada tanggal ... tahun sekian.

Jawaban 4 pertanyaan diatas rasanya terasa agak gimana gitu. agak berat ya. sama saya juga begitu. itu adalah wajar karena berpikir itu berat dan kebanyak orang tidak mau berpikir. akan memberikan manfaat yang besar dan penting bagi yang semangat berjuang mau berpikir. paling ga jawab pertanyaan di atas dan menuliskannya.  


Pembuatan rencana dan tujuan ini melibatkan berpikir, dan merenung. Yang kebanyakan orang tidak suka dalam berpikir. Namun dengan berpikir ini akan melipatkan berkali kali lipat hasilnya dari pada kebanyakan orang yang tidak mau berpikir.

2.WAKTU PRODUKTIF MENYELESAIKAN LEBIH BANYAK

  Untuk bisa menjadi produktif kita perlu mebuat daftar pekerjaan yang mau kita kerjakan. semua pekerjaan ini ditulis, tulislah sampai tidak ada lagi pekerjaan yang bisa ditulis. daftar pekerjaan yang telah jadi. yang telah kita tulis, maka berikutnya diurutkan dari posisi paling penting, posisi agak kurang penting dan posisi tidak penting. pengurutan posisi ini dapat menggunakan metode ABCD yang bisa dibaca di buku Master Your Time Master your Life. Ada di gramedia. Atau nebeng baca di tempat saya juga ada. hehehe.. Kerjakan urutan yang paling penting dulu. hanya kerjakan satu pekerjaan saja sampai 100 % selesai. 

Ada tren saat ini multitasking, Brian tracy menyebutkan bahwa multitasking hanyalah berpindah pindah kerja. dari pekerjaan yang satu ke pekerjaan lainnya. kurang efektif. karena dalam perpindahan pekerjaan ini  memerlukan waktu lebih kurang sekitar 17 menit untuk bisa kembali fokus pada pekerjaan yang ada.

Untuk produktif setelah membuat daftar, mengurutkan berdasarkan nila pentingnya lalu mengerjakannya dengan fokus dan konsentrasi. fokus pada satu kerjaan sampai selesai dan konsentrasi tidak sambil membuka mobile pone android media sosialmu.

3. WAKTU PENINGKATAN PENDAPATAN

Ada 20 % dari jumlah karyawan yang dia dapat terus berkembang dan berkarya. sedangkan 80 % lainnya relatif terus begitu saja. hal ini disebabkan oleh kemauan untuk belajar keahlian baru, belajar gagasan baru dan menerapkan gagasan baru. Sejumlah 20% ini mereka akan bertanya satu keahlian apa yang dibutuhkan yang jika dikuasai dapat memberikan kontribusi besasr bagi perusahaan. maka keahlian itu akan dipelajarinya. ia akan membuat rencan pembelajaran. membuat kurikulum pengembangan diri. membuat daftar buku apa saja yang bisa dibaca untuk menguasai keahlian tersebut. lokakarya diklat kurusus atau pelatihan apa saja yang dapat diikuti untuk mempelajari kehalian itu. mereka akan benar benar mempelajarikehalian tersebut sampai bisa dan mejadi ahlinya. 


ada 7 jenis waktu lagi yang perlu dan penting untuk diketahui agar kita bisa menggunakan waktu yang tepat sesuai bidang kehidupan yang kita jalani. Semoga ada kesempatan untuk melanjutkan jenis waktu yang 7 macam berikutnya. 

Mau cerita. lebaran kali ini berada di perantauan. lebaran tahun ini berlebaran dengan Brian Tracy lewat buku Master your time master yout life nya. belajar hampir seharian. rasanya seperti ikut diklat dan pematerinya dalah Brian Tracy pembicara internasional yang terkenal. kerenkan. itulah hebatnya buku. kita bisa mendapatkan pengalaman dan pengajaran si penulis terus terusan, sedangkan sipenulis mendapatkan pengalaman itu membutuhkan waktu yang lama bahkan bisa sampai puluhan tahun. 


Balikpapan,
Senin 2 syawal 1441 H
21.59 Wita
Jumlah kata : 1018 kata


Pustaka
Brian Tracy. 2016. Master Your Time Maaster Your Life. PT Elex Media komputindo: Jakarta.

Setiawan Agus. 2019. Bacakilat 3.0 Hacks The Way you read. Quarius:Jakarta
Atau ebooknya di sini :
https://onlinecourse.id/ebook-bacakilat/affl/Endar%20Prayudi/?campaign=airhati

Penghitung kata online
https://www.orion-services.biz/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

Page 69 Perjalanan ke Pontianak dan Pena Seribu Mata Pedang

Suatu hari akhir semester, setelah melewati masa ujian semester aku melakukan perjalanan mengelilingi kalimantan. Perjalanan darat lewat bus dan travel. Mulai Kota Banjarbaru, Gambut, Banjarmasin, Anjir Serapat, Memasuki Kalimantan Tengah, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Jabirin, Tumbang Nusa, Palangka Raya, Pundu, Sampit, Simpang Babi, Pembuang, Nangabulik,   Panopa, Tanjung Waringin, Betenung,   Naga Tayap, Pangkalan Suka, Sandai,   Randau, Kalam, Balai Berkuak, Ketapang, Sanggau, Sungai Ambawang, Lintang Batang, Kubu Raya Dan diujung perjalanan Kota Pontianak. Aku melakukan perjalanan darat ingin melihat bermacam keadaan kehidupan orang-orang, melihat rupa-rupa bangunan yang bermacam-macam dan melihat hamparan keindahan dan kekuasaan Tuhan di permukaan Bumi, melihat kelok-kelok sungai Kalimantan yang terkenal panjang dan bercabang cabang,   melihat tinggi bukit, hamparan hutan dan hamparan rawa. Dalam perjalanan melintasi kota-kota, kabupaten-kabupaten dan provinsi, ada satu Hal yang