Langsung ke konten utama

PAGE 19 RENCANA KEHIDUPAN DAN KURIKULUM PENGEMBANGAN DIRI

Kerja di suatu perusahaan adalah seperti umur dalam kehidupan. Umur kerja mulai masuk 4 tahun. seperti anak anak umur empat tahun. tentu jauh sekali berbeda dengan para senior yang telah bekerja puluhan tahun. pengalaman mereka pun banyak. melaluli berbagai keadaan dan kejadian. mereka diibaratkan seperti anak yang sudah berumur 25 tahun. kemampuan banyak skill banyak. sedangkan kami masih baru. masih perlu banyak belajar dari mereka. Jadi begitu senangnya ketiuka para senior bercerita dan berbagai pengalaman bagaimana mereka bekerja. bagaimana keadaan yang dihadapi solusinya. jadi kami yang baru bisa menerima bayangan bagaimana keadaan yang mungkin dihadapi dalam situasi bekerja. dari situ kami bisa belajar.

Seperti anak kecil. bagaimana dia terbentukadalah sesuai dengan didikan kedua orang tuanya. maka bagaimana kami bekerja pun adalah didikan dari para psenior dan pembimbing kami. keberhasilan kami adalah berkat pendidikan dan pengajaran mereka.

Bagaimana pekrjaan yang baik, Pekerjaan yang baik dari pikiran saya bahwa dalam pekerjaan itu kita masih bisa menjalankan perintah agama, ada kesempatan dan waktu untuk shalat 5 waktu. masih ada kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga. waktu untuk keluarga. dan ada waktu untuk menuntut ilmu. ketika karena kamu bekerja waktu menjalankan ibadahmu tidak ada, waktu untuk keluarga terbengkalai dan tidak ada dan tidak bisa lagi hadir di tempat menuntut ilmu, perlu di lihat. apakah pekerjaannmu yagn tidak baik atau dirimu yang belum bisa membagi waktu. menyeimbangkan antar bekerja, akhirat dan keluarga. seperti istilah life balance. kehidupan yang seimbang. dan pada kenyataannya sungguh perlu perjuangan dan usaha serta ilmu untuk bisa menyeimbangkan antara bekerja, keluarga, akhirat.

PErtama kali dan awal awal masuk di BULOG pernah mendapatkan materi dari DIBTA gropu yaitu $L, Life Long Log BOOK Journal. yang berisi tentang rencana kita kedepan. ada rencana dan keadaan yang akan dicapai dalam waktu  1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. saat itu belum begitu mengerti apa fungsi dari pelatihan itu. dan karena mengerjakan tugas tersebut memerlukan usaha besar karena melibatkan berfikir merencananakan apa taget dan kehidupan yang ingin dicapai. disitu disebutkan target keadaan pada keluarga, sosial, pekerjaan dan diri.

Setelah beberapa tah8un berlalu mungkin sekitar 4 tahun. mendapat lagi satu pengetahuan dan pelajaran. mengenai perencanaan kehidupan yagn disebut kurikulum pengembangan diri olehAgus Setiawan baca kilat. isinya hampir kurang lebih sama. namun taget yang tahunan tadi dipecah mejadi taget 3 bulan saja. karena lebih efisien. tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. yaitu tadi karena merencanakan ini memerlukan proses berpikir jadi merupakan tantangna berat yang harus dijalanai untuk berfikir dan merencanakan apa yang ingind icapai.

dari DIbta bebrapa tahun yang lalu yagn telah disusun, alhamdulillah diantaranya sudah tercapai. seperti menikah, keinginan mendaftar haji. jadi taruhlah mimpumu dan cita citamu yang besar karena Allah itu kuasa mengabulkannya. Ketika kau menaruh mimpi yang kecil seakan akan kamu merendahkan TUhan seakan akan  kalau Dia tidak bisa mewujudkannya. taruhlah mimpi yang besar, walau dari dirimu ah masa sih aku bisa pada kondisi itu,. tetap taruhlah dan letakkanlah mimpoumu dengan mimpi yang bear dan biarlah Allah mewujudkannya, entah dengan jalur yang mana.

Kata guru dahulu bahwa ketika seorang sudah menjauh dari ulama/tidak menuntut ilmu maka diantaranya yang akan terjadi adalah usaha yang dikerjakannya tidak berkah, yang harusnya usahanya menimbulkan kebaikan malah menajdi kurang baik, akan dipimpin oleh pemimpin yang dzalim dan ketiga meninggal suulkhotimah. maka teruslah mendekat dengan tempat menuntut ilmu. kata guru minimal seminggu satu kali untuk menuntut ilmu agr hatimu tidak mati


magrib. istirahat. shalat. pulang. inilah kalau memindahkan waktu menulis yang harusnya malam jadi siang nanti dan nanti sampe sore begini baru menulis dan belum selesai. itulah pentingnya istikomah teratur disiplin memberikan waktu dan menentukan waktu menyediakan waktu jam berapa untuk menulis. tak apa namnya juga belajar. kadang terjatuh belum istikomah, namun yang terutama penting adalah da kemauan utntuk terus  menulis, terus belajar, terus melatih diri, untuk maju dan berkembang. orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baikk dari hari kemarin.

Balikpapan, ruangan POPP
25 SYAWAL 1441 H
17 JUNI 2020

628 KATA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra