Langsung ke konten utama

PAGE 18 MENULIS - MEMBACA, PERKULIAHAN PERTAMA

Menulislah untuk ibadah. Menulis untuk mensyukuri tangan dan jari. Kita telah diciptakan dengan 10 jari. Jari tangan kita mengandung potensi yang luar biasa. Allah telah titipkan di dalam jari kita untuk menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan berguna. Banyak sekali yang bisa kita taruh di dalam tulisan. pengalaman kita seharian tadi, cerita teman, kata-kata bijak, kata motivasi dan kata-kata yang mengandung ilmu yang kita dengar siang tadi pun bisa kita jadikan lembaran tulisan yang bermanfaat.

Menulis itu perlu belajar, perlu proses. Prosesnya ada yang memulainya 20 tahun yang lalu. Sehingga saat ini telah menjadi produktif yang menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan berguna bagi orang banyak. sedangkan kita, memulainya hari ini. Menulis 1.000 kata perhari. Dalam waktu 180 hari terus menerus istikomah tanpa terlewat sehari pun. Tiap harinya perlu kita rawat proses dan tahapan menulis ini. Disirami dengan
sumber bacaan baru, pengetahuan baru, pengalaman baru. dipupuk dengan membaca buku. 

Menulis dan membaca seperti dua sisi pintu rumah. Saling berkaitan. saling berhubungan. Jika kamu menyentuh salah satunya maka kamu akan menggerakkan sisi satunya. Belajarlah biasakanlah menulis. Maka membacamu akan secara terhubung akan membaik. Menulis adalah warisan yang berumur panjang sepanjang zaman. Lihatlah hari ini. Aku meyakini menulis-membaca adalah revolusi budayaku. Salah satu revolusi terpenting bagi ku. Yang akan menjadi jalan untuk mengembangkan diriku naik level ke tingkat yang lebih tinggi. Ke tingkat yang lebih baik. lebih bermanfaat bisa memaksimalkan potensi yang tersimpan di dalam diri yang telah Allah anugerahkan kepadaku. 

Tulisan berharga dari majalah Dar el Banat terbitan 2012 yang isinya begini : "Selagi sehat dan sempat, selalu amalkan dan renungkan perintah mulia ini : "Bacalah dengna (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah yang maha Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam" (Quran Surat Al-Alaq surat ke 96 ayat 1 - 4). Ada penjelasan dari ayat yang tersebut terakhir (yaitu ayat keempat), bahwa Allah mengajar manusia dengan perantara kalam yaitu baca tulis.

Kita tahu, antara ayat Al Quran itu saling terkait. Kini, bacalah ini : "Nun, demi kalam dan apa yang mereka tulis" (Q.S Al-Qalam (surah ke 68) ayat 1). Jika kita seksamai, bahwa berdasasrkan QS Al-Alaq (96) ayat 1-4 dan QS Al-Qalam (68) ayat 1 jelas terlihat tentang kesatupaduan aktivitas membaca dan menulis sebagai bagian dari sebuah ajaran yang mulia. Kita menjadi yakin bahwa membaca dan menulis adalah dua kegiatan yang selalu berdampingan serasi.

Terkait tulis-menulis ada puluhan sahabat Nabi Muhammad  yang berperan menuliskan berbagai hal secara khusus. Sebagai contoh, Az-Zubair ibnul Awwam menuliskan harta-harta sedekah. Lantas abdullah ibnul Al-Arqam menuliskan masalah hutang piutang dan perjanjian-perjanjian lainnya. Kemudian Zaid bin Tsabit bertugas untuk menuliskan surat kepada raja-raja. 

Menulis juga pekerjaan yang dilakukan oleh malaikat. Malaikat Rakib dan Atid tugasnya mencatat amal baik dan amal buruk manusia. Jadi malaikat menulis. 

Jika ada yang bilang tidak bisa menulis, hal itu rasanya tidak benar. Setiap hari di kantor. Berapa banayk faksimili yanag diketik dan dikirim. Apakah itu tidak menulis. Setiap WA yang masuk, komen di Instagram, Facebook, Email apakah itu tidak menulis. Jika dikumpulkan dalam sehari mungkin bisa sampai seribu kata yang kita tulis.

Waktu sekarang adalah waktu terbaik bagi generaasi kita. Begitu banyak nikmat yang telah diberikan yang membantu dan memudahkan kita untuk menulis, ada leptop, Hp, Kertas, Printer. Orang dulu kalau mau menyalin satu kitab harus ditulis pakai tangan. butuh berapa lama menuliskannya. Mungkin mingguan atau bahkan berbulan-bulan

Menulislah apa saja.  Asalkan itu dirasa masih dalam batas batas yang dibolehkan dan bahkan baik dan bermanfaat maka menulislah. Sebenarnya kita sudah dilatih menulis dari dulu. mulai sekolah SD belajar menulis huruf abjad. Ingatkah siapa guru yang mengajarimu menulis huruf abjad juga huruf hijayyah. Tentu begitu besarnya pahala bagi guru tersebut. setiap huruf yang kita tulis adalah huruf hasil pengajaran guru. Yang kita tulis kebaikan. Guru mendapat pahalanya. Pahala jariyah yanag mengalir terus menerus yaitu ilmu yang bermanfaat. 

Menulis Page 18 ini perlu usaha. sampai saat ini baru sampai 616 kata. Hariannya perlu 1.000 kata/hari untuk mempelajari ilmu menulis. perlu usaha lagi untuk mencapai jumlah 1.000 kata. tulis saja semua yang muncul di dalam kepala. Apa saja yang timbul yang berkaitan dengan menulis direkatkan kedalam tulisan ini. Andai saja ada pelatih handal yang mau membimbing dan menemani menjalani proses menulis 180 hari ini tentu akan sangat bahagia. 180 hari adalah 6 bulan. 1 semester perkuliahan. Menulis istiqomah setiap hari sama artinya dengan mengikuti perkuliahan jurusan menulis satu semester, plus langsung praktek tiap harinya. Kuliah 5 tahun bisa, aku yakin bisa kuliah 6 bulan ini

Kuliah sambil kerja. anggap saja aku dapat beasiswa dari perushaan. Dari BULOG selama satu semester. Kuliah di Universitas Qalam, Fakultas Qalam program studi Menulis-membaca. Dibiayai oleh BULOG Full. Plus dapat gaji bulanan. Beasiswa yang bertahap. Anggap ini tahap I selama 6 bulan. Dibimbing langsung oleh Pimwil, dengan Dosen mata kuliah dari kalangan expert, atau dari kalangan orang orang ahli, berskala internasional, telah sukses dan pengajarnnya berdasarkan pengalaman langsung beliau selama puluhan tahun dengan hasil yang sukses. Sukses dalam bidang Bisnis, Keluarga, Negara, dan bidang penting lainnya. Daftar dosen mata kuliah yang ada Brian Tracy, Agus Setiawan, Tere Liye, BJ Habibie, yang langsung terbang dari negara tempat asal masing masing. yang datang jauh-jauh khusu untuk mengajar kelas spesial ini dengan harapan para mahasiswanya bisas menjadi orang sukses yang bermanfaat dan berguna dunia akhirat yang dapat mendekatkan diri keada Nabi Muhammad. 

Saat lulus nanti akan menerbitkan satu buku yanag bermanfaat, yang dapat dihadiahkan langsung kepada orang yanag di banggakan, dicintai, dihormati dadn disayangi serta dikagumi. buku yang akan dicetak oleh penerbit besar dan menjadi salah satu buku yang dicari oleh para pembaca di rentang usia yang luas. Buku yang bisa memberikan umur panjang untuk ku. karena  meskipun jasad sudah tak bernyawa namun karya terus melanjutkan dan menyambung hidup. Para tokoh yang karyanya bukunya terus dibaca terus mendidik, terus bermanfaat bagi orang lain meskipun penulisnya sudah tiada.

Bayangkan saat wisuda nanti yang mewisudanya dalah Tere Liye dan yang diwisuda Rouhi Fidak. Bermimpilah dan bercita-citalah yang sangat besar dan luar biasa karena Allah adalah tuhan yang mampu mewujudkannya yang mampu mengabulkannya.

Ayam jantan sudah terdengar berkokok di tengah malam ini. Menandakan sudah larut malam. dan Aku masih mengikuti kuliah hari pertama. Dosennya adalah Bapak Wardani dan tim Dar El Banat. mata berat, haus, inilah nikmatnya serunya kuliah dihari pertama. Bismillah. Alhamdulillah. Shallahu ala muhammad. Menulis untuk ibadah. Washallahu ala muhammad wa ala alihi wa shahbihi ajmain. alhamdulillah

oh iya panjang waktu penulisannya dimulai dari terbenam matahari (waktu magrib) sampai terbenam matahari berikutnya (habis waktu asar hari berikutnya). jadi selama 1 hari hitungan kalender hijriyah. tanggalannya pun menggunakan tanggalannhijriyah yang utama. baru tanggalan masehi.


Tema Sejumat "Semangat Nabi Muhammad"
Balikpapan, 24 Syawal 1441 
Jam 00.31 Wita
16 Juni 2020
Banyak Kata :  1.061 kata







Komentar

  1. Video slots typically have 5 reels spinning on the screen. On reel-spinning slots, push a button marked "play one credit score" until you've reached the number of cash you wish to play. If you want to bet big, have the ability to|you presumably can} hit a button marked "play max credit," is ready to} play the utmost cash allowed on that machine. That stated, Slots Empire’s slots roster is full of such a huge number of slot video games that there’s one thing right here 코인카지노 for everybody. You can play a lot of the video games for actual cash, while a number of|numerous|a variety of} them are available in free/practice mode too.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

Page 69 Perjalanan ke Pontianak dan Pena Seribu Mata Pedang

Suatu hari akhir semester, setelah melewati masa ujian semester aku melakukan perjalanan mengelilingi kalimantan. Perjalanan darat lewat bus dan travel. Mulai Kota Banjarbaru, Gambut, Banjarmasin, Anjir Serapat, Memasuki Kalimantan Tengah, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Jabirin, Tumbang Nusa, Palangka Raya, Pundu, Sampit, Simpang Babi, Pembuang, Nangabulik,   Panopa, Tanjung Waringin, Betenung,   Naga Tayap, Pangkalan Suka, Sandai,   Randau, Kalam, Balai Berkuak, Ketapang, Sanggau, Sungai Ambawang, Lintang Batang, Kubu Raya Dan diujung perjalanan Kota Pontianak. Aku melakukan perjalanan darat ingin melihat bermacam keadaan kehidupan orang-orang, melihat rupa-rupa bangunan yang bermacam-macam dan melihat hamparan keindahan dan kekuasaan Tuhan di permukaan Bumi, melihat kelok-kelok sungai Kalimantan yang terkenal panjang dan bercabang cabang,   melihat tinggi bukit, hamparan hutan dan hamparan rawa. Dalam perjalanan melintasi kota-kota, kabupaten-kabupaten dan provinsi, ada satu Hal yang