Langsung ke konten utama

PAGE 61 MATEMATIKA UMUR 2 TEMUKAN “NOBLE PURPOSE”

Saya telah mencapai hitungan sekitar 50% dari rata-rata jatah umur manusia di Februari 2022 ini. Ada kesempatan waktu sekitar 30 tahun lagi untuk memberi dan menyumbangkan gagasan, ide, jalan keluar, karya, kebaikan, dan manfaat kepada dunia. Selain itu ada 30 tahun lagi untuk menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk melalui perjalanan yang panjang yaitu berangkat ke ruang angkasanya ruang angkasa yaitu alam akhirat.

Sebelum hari ahad 20 Februari 2022 ini pun telah dimulai dan telah diingatkan pada 2 tahun yang lalu yaitu pada Februari 2019 ketika menulis matematika umur 1 bahwa umur dan waktu hidup telah diberikan kepada kita untuk digunakan dengan setinggi-tingginya dengan semahal-mahalnya agar sesuatu yang dihasilkan dari umur adalah yang bermanfaat dan berguna. Manusia sering kali lupa dan tak ingat bahkan tak berdaya melakukan tujuan diberikannya umur. Kadangkala semangat untuk menggunakan umur ada, namun cepat pudar diterpa ombak waktu dan angin kehidupan karena dia tidak punya kompas tujuan hidup.

Sekitar satu tahun terakhir saya banyak belajar dan diberitahu bahwa manusia memiliki noble purpose atau tujuan hidup khusus yang diberikan oleh Tuhan ketika Dia menciptakan aku dan kamu di dunia. Noble purpose ini menjadi misi istimewa untuk kita, yang perlu dituntaskan dan diwujudkan di dunia. Misi dan tujuan istimewa ini unik karena diberikan khusus oleh Tuhan kepada kita dengan sandi atau kata kunci yang hanya satu-satunya di dunia tidak ada yang sama persis. Seperti nomer telpon yang tidak ada samanya didunia, misi khusus ini pun unik seperti unik dan khususnya sidik jari kita.    

Ketidaktahuan tentang noble purpose atau tujuan hidup inilah yang membuat semangat kita mudah memudar diterpa gelombang waktu dan angin kehidupan. Orang yang tidak tahu membutuhkan seseorang yang tau untuk memberitahukan petunjuk, informasi, pengertian tentang noble purposenya. Karena noble purpose adalah unik maka kita perlu mencarinya. Kita perlu menemukannya. Bagaimana caranya menemukan noble purpose ini? Disitulah peran penting seorang guru, mentor atau pendamping untuk mengarahakan dan memberi tahu petunjuk, ciri-ciri dan cara untuk menemukan noble purpose.

Pertama kali saya mengenal dan mengetahui apa itu noble purpose, pentingnya, dan perannya bagi kehidupan seseorang adalah dari sang inspirator suksesmulia CEO Akademi Trainer Babeh Jamil Azzaini. Beliau mengatakan agar seseorang hidup bukan sekedar hidup, kerja cari makan bukan sekedar kerja cari makan, dan agar hidup memiliki motivasi dan semangat bukan hanya dijalani dengan hampa tanpa makna maka hidup perlu memiliki noble purpose.

Pertama kali mendengar noble purpose dan diminta membuat, saat itu membuat saja, dengan mengadopsi dan menyerap noble purposenya orang lain. Beberapa saat kemudian, pada kesempatan yang lain, diminta membuat noble purpose lagi, maka membuat noble purpose dan noble purposenya banyak berubah dari yang pertama. Dan baru-baru ini diminta membuat noble purpose dengan metode cara yang terbaru dari Babe Jamil lebih sederhana namun lebih mengena, dibuatlah noble purpose, karena setiap diminta membuat noble purpose waktunya terbatas, maka setiap membuat noble purpose banyak berubah dari yang sebelumnya. 

Kini dipertemuan yang keempat diminta utuk memperdalam noble purpose menggunakan metode pertemuan ketiga kemarin, banyak berubah lagi noble purposenya. Dan pada pertemuan yang keempat kemarin juga diberikan tugas bahwa anda akan dikenal sebagai apa? Pertanyaan ini membuat saya melihat lebih dalam tentang noble purpose yang selama ini telah dibuat empat kali. Noble purpose yang setiap membuat banyak perubahannya, apakah ini menunjukkan bahwa saya perlu perenungan lebih mendalam dan menyediakan waktu khusus untuk menemukan noble purpose saya. Noble purpose yang gue banget yang memang diberikan khusus oleh Tuhan kepada saya. Maka kemarin malam saya menyusun kembali noble purpose saya dengan lebih rapi menggunakan metode dari Babe Jamil, metodenya yang dibuat oleh beliau dari hasil perenungan beliau tentang cara membangun,membuat dan menemukan noble purpose.

Saya pikir proses mencari dan menemukan noble purpose boleh saja terjadi beberapa perubahan, yang perubahan itu berasal dari terbangunnya pengetahuan dan meningkatnya kualitas diri. Perubahan yang semakin baik, spesifik dan istimewa.

Noble purpose akhirat yang jembatannya ada di dunia telah ditunjukkan oleh Tuhan dalam hikmah penciptaan manusia. Dari hikmah besar ini diturunkan lagi menjadi tugas spesifik dan khusus yang perlu kita cari, kita temukan dan kita pilih. Tugas spesifik ini yang bisa kita banggakan dihadapan Tuhan kelak ketika ditanya, Hai makhluk ciptaanku ..nama… tugas spesifik dan sumbangsih apa yang telah kau berikan kepada makhlukku ketika kau hidup di dunia dan perubahan positif apa yang diihasilkan dan terjadi dari terlaksanya dan tercapainya tugas dan sumbangsihmu itu?

Saya berusaha untuk terus tumbuh dan berkembang meningkatkan kualitas diri. Meningkatkan pengetahuan dan mempraktekan yang diketahui semampunya. Saya berkomitmen untuk terus melangkah dan bergerak menuju noble purpose yang telah  saya bangun. Bergerak cepat atau lambat itu akan membuat perbedaan tempat dan mendekatkan jarak kepada tercapainya noble purpose. Saya pernah melihat seekor siput di dinding dan seekor cacing di lantai yang bergerak dengan sangaaat lambat, bergerak dengan perutnya. Kalau dilihat dan diamati sangat lambat sekali gerakannya. Namun seiring detakkan detik jarum jam, kedua hewan kecil melata tersebut posisinya terus bergerak maju. Siput dan cacing berubah posisinya dan dia bergerak lurus. Bergerak lurus menuju tujuannya. Meskipun sangat lambat, namun terus bergerak mendekat dan mengarah pada tujuannya. Hasilnya sang siput posisinya sampai hampir menyentuh atap bangunan, yang artinya gerakannya vertikal ke atas melawan gravitasi. Sedangkan cacing beregerak maju horizontal mendekati tingkat bangunan yang lebih tinggi.

Saya yakin dan percaya dengan perbedaan ini, yaitu dengan adanya noble purpose dalam hidup maka perbedaan besar telah terjadi dikehidupan. Ingin merancang dan merubah nasib maka buatlah, tingkatkan, matangkan dan temukanlah noble purposemu. Seperti kata Babe Jamil Azzaini, hukum proyektor atau LCD. Rubahlah file yang ada di dalam komputer, maka tampilan pada layar proyektor atau layar LCD akan berubah. Kita bisa dengan sekejap merubah tampilan pada layar proyektor dan LCD dengan mereka ulang, merubah, menyusun kembali file pada komputer.

Semoga matematika umur dengan menggunakan noble purpose mengalami perubahan yang besar dan menjadikan kekuatan semangat untuk menjalani hidup menjadi lebih tegar sekuat batu karang. Lebih istiqomah seperti matahari yang setiap hari rutin muncul di ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat. Dan peluang waktu sekitar 30 tahun ini digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dikehidupan harian kita, letakkanlah padandangan matamau pada pada anak anak yang sering kita jumpai. Saat berjumpa dengan mereka sering kita tanya dengan pertanyaan “Kalau besar nanti cita-citanya mau jadi apa? Bagaimana sebelum menanyakan hal ini kepada anak-anak, Kita tanyakan terlebih dahulu kepada diri kita. Dengan pertanyaan: 10 tahun lagi keadaan kamu jadi seperti apa? 10 tahun lagi keadaan seperti apa yang kamu raih? 10 tahun lagi ilmu apa yang kau miliki? 10 tahun lagi prestasi membanggakan apa yang kau miliki yangdibuktikan dengan sertifikat penghargaan? 10 tahun lagi apa aset yang kau punya? 10 tahun lagi sumbangsih apa yang telah kau berikan pada keluarga, sahabat, perusahaan dan masyarakat? 10 tahun lagi keterhubungan apa yang kau capai dengan Tuhan dan sesama? Kiranya perlu perenungan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Marilah kita temukan dan buat noble purpose hidup. 

Kata-kata bijaksana yang disampaikan dari Inspirator suksesmulia ayng mengutip dari salah satu tokoh dunia. “ada dua saat yang paling berharga dalam hidup, saat pertama yaitu saat kita dilahirkan. kedua yaitu saat kita menemukan noble purpose hidup kita”.

Balikpapan, 20 Februari 2022. Endar Prayudi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

Page 69 Perjalanan ke Pontianak dan Pena Seribu Mata Pedang

Suatu hari akhir semester, setelah melewati masa ujian semester aku melakukan perjalanan mengelilingi kalimantan. Perjalanan darat lewat bus dan travel. Mulai Kota Banjarbaru, Gambut, Banjarmasin, Anjir Serapat, Memasuki Kalimantan Tengah, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Jabirin, Tumbang Nusa, Palangka Raya, Pundu, Sampit, Simpang Babi, Pembuang, Nangabulik,   Panopa, Tanjung Waringin, Betenung,   Naga Tayap, Pangkalan Suka, Sandai,   Randau, Kalam, Balai Berkuak, Ketapang, Sanggau, Sungai Ambawang, Lintang Batang, Kubu Raya Dan diujung perjalanan Kota Pontianak. Aku melakukan perjalanan darat ingin melihat bermacam keadaan kehidupan orang-orang, melihat rupa-rupa bangunan yang bermacam-macam dan melihat hamparan keindahan dan kekuasaan Tuhan di permukaan Bumi, melihat kelok-kelok sungai Kalimantan yang terkenal panjang dan bercabang cabang,   melihat tinggi bukit, hamparan hutan dan hamparan rawa. Dalam perjalanan melintasi kota-kota, kabupaten-kabupaten dan provinsi, ada satu Hal yang