Langsung ke konten utama

PAGE 47 DIREKTUR MENCARI TUJUAN DAN MENEMUKAN VISI (HARI KE-2)

Di perusahaan yang memiliki tanggung jawab tertinggi adalah direktur. Direktur adalah supir bagi mobil, nahkoda/kapaten bagi kapal, pilot bagi pesawat yang membawa kemana perusahaan bergerak. Seorang Direktur perlu untuk mampu mebangun dan membawa perusahaannya naik kelas, naik tingkat. Membawa perusahaannya bergerak, menuju keadaan yang lebih baik, lebih baik 1 % setiap hari agar perusahaan termasuk di dalam perusahaan yang untung.

Bagaimana cara membangun, membawa dan membuat perusahaan naik level? Bagaimana seorang Direktur dapat membawa PT Diri Sendiri Inc menjadi naik kelas, naik tingkat, bertambah baik dan termasuk perusahaan yang beruntung? Caranya utama yang sangat perlu dilakukan DIrektur adalah menemukan apa visi khusus, apa misi khusus, dan apa tujuan khusus yang telah diberikan, diamanahkan dan dititipkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada PT Diri Sendiri Inc saat menciptakannya. Visi, Misi, tujuan dan tugas khusus yang hanya satu-satunya di dunia ini dan tidak bisa digantikan oleh Perusahaan yang lain.

Tugas ini telah diselipkan, dituliskan dalam surat penugasan khusus yang ada di dalam sidik jari kita (Fingerprint). Pola dan bentuk yang ada di Sidik jari adalah unik dan berbeda tiap orang. Dari sebanyak 6 miliar orang di dunia ini tidak ada sidik jarinya yang sama. Setiap orang punya bentuk dan pola sidik jari khusus. Sidik jari yang hanya satu-satunya di dunia. Unik, istimewa sidik jari bahkan sampai disebutkan di dalam Al Quran surat Al Qiyamah ayat 3-4.

Karena satu satunya, maka kita dan sidik jari kita adalah unik. Seperti mobil antik yang jumlahnya terbatas, atau limited edition. Pasti hargannya sangat mahal. Apalagi jumlahnya hanya satu sangat sangat mahal. Begitu juga dengan kita diciptakan dengan kode khusus pada sidik jari, maka menjadi makhluk yang bernilai sangat mahal, yang diciptakan menjadi satu-satunya didunia. Makanya pesan Pak Jamil Azzaini,  lakukanlah perbuatan yang bernilai mahal dan tinggi, tidak melakukan pekerjaan yang sia sia atau yang murahan.

Seorang direktur mempunyai tugas utama menemukan visi, misi, tujuan dan tugas khusus bagi perusahaannya, PT DIri Sendiri Inc. Jika visi, misi dan tujuan khsusu ditemukan, akan menjadi jangkar agar pergerakan perrusahaan, direksi dan karyawan menuju dan sejalan dengan visi misi. Visi, misi menjadi peta tujuan kemana perusahaan akan bergerak, lewat jalan mana saja dan harus menggunakan alat dan bahan bakar apa saja untuk mencapai visi misi ini.

Visis misi khusus dan unik dari sebuah perusahaan ini akan menjadi acuan untuk direktur, 7 direksi dan 75 Triliun karyawan  dalam menggerakan perusahaan.  Setelah Visi misi tujuan perusahaan ditemukan, maka direktur perlu memimpin setiap direktorat agar melaksanakan fungsinya dengan baik. Jika ada yang belum sepenuhnya berjalan baik, maka direktur akan mengingatkan, mendorong, menginspirasi, mengajari direktorat tersebut agar berfungsi baik. Apakah perlu memberi pelatihan, mengajari ilmu bagian direktorat tersebut. Melihat dan memperbaiki dengan hikmah apakah ada perbuatan murahan atau rendahan yang dilakukans sehingga tugasnya dan fungsinya belum berjalan dengan penuh.

Dalam sebuah film ada kutipan mengenai seorang pemimpin (termasuk direktur) bahwa “jadi pemimpin itu sepi”. Maka tatkala kesepian itu terjadi, seorang pemimpin perlu belajar untuk dapat hidup dalam kesepian. Tetap Bahagia dan tenang dalam kesepian. Belajar cara agar dalam kesepian dapat terhubung dengan Tuhan yang Maha Esa. Karena kepada Nya lah tempat meminta petunjuk, apa yang harus dilakukan dalam membawa perusahaan bergerak. Belajar cara menjadi penuh cinta dan syukur dalam kondisi apapun.

Balikpapan,

Salam cinta dari hati

Rouhi Fidak

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra