Langsung ke konten utama

PAGE 33 UANG BEKERJA UNTUK KITA

Kuliah di D3 Pendidikan Keuangan jangka waktunya ditargetkan selama 3 tahun sampai dengan 27 September 2023. Kuliah Pendidikan Keuangan ini penting supaya saya 20 tahun lagi yaiatu di 2040 bisa bebas finansial. Kuliah ini memerlukan keyakinan, usaha  dan cara yang kreatif. Kenapa karena kuliah D3 Pendidikan Keuangan ini akan disampaikan oleh para pengajar profesional dibidangnya. profesional tidak hanya di Indonesia tapi di dunia.

Pendidikan keuangan ini dalam tahap perkembangan, mata kuliahnya bisa bertambah seiring waktu. 

Perkuliahan kali ini di sampaikan oleh 

Robert T Kiyosaki dan Sharon L. Lechter, C.P.A dengan judul 
Bagaimana menggerakkan uang semakin cepat agar mendapatkan laba semakin tinggi dengan risiko semakin kecil. 
Buku panduannya adalah buku karangan Robert Kiyosaki & Sharon L Lechter, C.P.A dengan judul Who Took My Money terbitan Gramedia tebal halaman 309 halaman. Metode perkuliahan menggunakan bacakilat dengan mindmap. Marilah kita simak isi perkuliahannya yang bersumber dari buku tersebut :

Perkuliahan dibuka dengan pertanyaan penting. 

1. Jika saya memiliki Rp 30.000.000 akan diinvestasikan dimana?

2. Apakah mungkin Rp30.000.000 bisa menjadi 3.000.000.000 (3 Milyar)?

Pendidikan ada dua macam, yaitu pendidikan akademik/profesi untuk bekerja, dan pendidikan keuangan supaya uang bekerja untuk kita. Pendidikan keuangan akan membuat kita memiliki dua profesi. Pertama profesi kita, seperti aku adalah karyawan. Kedua profesi uang kita. Profesi uang kita bisa bisnis, real estate(properti) atau portofolio. Saat ini profesi uang saya masih dicarikan pekerjaannya?

Pendidikan keuangan yang diajarkan oleh ayah kaya: 

1. menghasilkan/menciptakan keuangan
2. mengelola keuangan
3. menginvestasiakn
4. melindungi
5. keluar.

Lima hal tersebut dijelaskan sebagai berikut:

1, Menghasilkan/Menciptakan, kita menghasilkan uang dari bekerja sebagai karyawan, guru, dan lainnya. Kita mendapatkan Gaji. Gaji ini kita pakai sebagiannya untuk Aset/investasi, dan sebagiannya untuk keperluan hajat/urgent kita.

2. Mengelola Keuangan, Kita perlu pendidikan keuangan agar kita bisa memakai dan mengelola uang yang kita dapatkan dari gaji. dengan pendidikan keuangan kita akan tau bahwa penting untuk memberikan sebagian uang kita untuk dijadikan aset/investasi baru sebagiannya lagi untuk keperluan hajat hidup kita. Orang yang cerdas dalam pendidikan keuangan akan menggunakan gajinya untuk diinvestasikan. Sedangkan orang tanpa pendidikan keuangan akan menggunakan gajinya untuk keperluan konsumsi dan liabilitas semuanya.

Secara sederhana aset adalah sesuatu yang memasukkan uang ke kantong kita. Sedangkan liabilitas adalah sesuatu yang mengambil atau mengeluarkan uang dari kantong kita. 
 
3. Menginvestasikan uang kita. Ada tiga macam jenis/kelas investasi yaitu:
a. Bisnis,
b. Real estate (properti)
c. Portopolio, saham atau reksadana
 Pertanyaannya, seandainya saya punya 100.000.000 diinvestasikan dimana dari ketiga aset itu? 
Jawaban yang pasti adalah sebagian dari dana itu investasikan untuk pendidikan keuangan kamu, untuk keerdasan financial kamu, bisa berupa membeli buku, pelatihan, tonton vidio. jadilah cerdas keuangan. dengan cerdas secara keuangan maka besar harapan investasi baik dan besar akan datang kepada kita.
 
ada dua tujuan investasi : Capital Gain dan arus kas. Investasi yang baik adalah arus kas. Aruskan memberikan uang tunai sekarang. memberikan uang tunai pemassukakkan saat ini. Sedangkan kapital gain memberikan nanti. Capital gain seperti peternaik yang memotong sapinya untuk dijual. Arus kas seperti peternak yang memerah susu sapi. Investasinya sama sama pada ternak sapi, yang membedakannya adalah tujuannya. capital gain memotong sapi sedangkan aruskas memerah susu sapi, sapinya tetap ada. 
 
cara belajar pendidikan keuangan:
Bertanyalah pada penjual, dengarkan jawabannya, promosi dagang atau nasihat yang baik. 
Bertanyalah pada peternak, capital gain atau arus kas
Bertanyalah pada bankir, melihat keccerdasan kamu dalam pemakaian pengelolaan uang,
Bertanyalah pada ahli pajak, penghematan pajak, tentukan entitas
bertanyalah pada wartawwan, fakta, pedapat atau asas. 4 kata ajaib, apakah anda akan menjaminnya?

Pendidikan keuangan,
aktif mencari informasi, ingat kuadran CASHFLOW : E, S, B, I.
Informasi yang bermautu tinggi
dengarkan si Pecundang dan Si Pemenang

Kiyosaki menyarankan bisnis paruh waktu, small bisnis, busines owner dengan 500 karyawan

Mendapatkan investasi hebat,  jual investasi buruk ketika tinggi pasar memanas, dan beli ketika pasar rendah
Beli investasi/aset dengan pertimbangan arus kas bukan karena populer

Mendapatkan investasi besar, baca berita keuangan, memahami kecenderungan, miliki penasihat baik, tidak investasi karena sedang populer, temukan investasi yang tak terlihat


4. Lindungi dengan asuransi. aturan pertama asuransikan sebelum kamu memerlukannya.
5. Keluar adalah cara untuk mejual, 

Lverage pengungkit dapat berupa UOL an WOL. Uang orang lain dan waktu orang lain.

Ayah kaya memberikan saran untuk selalu memilih pilihan kedua. pilihan pertama, saya tidak bisa. pilihan kedua bagaimana saya bisa mampu melakukannya? pilihan kedua akan memberikan energi, kekuata, kreatifitas, cara dan ajlan untuk menuju yang dicita-citakan.
Tugas pertemuan perttama, D3 Pendidikan Keuangan.
Balikpapan, 27 September 2020.
09.39 wita



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

Page 69 Perjalanan ke Pontianak dan Pena Seribu Mata Pedang

Suatu hari akhir semester, setelah melewati masa ujian semester aku melakukan perjalanan mengelilingi kalimantan. Perjalanan darat lewat bus dan travel. Mulai Kota Banjarbaru, Gambut, Banjarmasin, Anjir Serapat, Memasuki Kalimantan Tengah, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Jabirin, Tumbang Nusa, Palangka Raya, Pundu, Sampit, Simpang Babi, Pembuang, Nangabulik,   Panopa, Tanjung Waringin, Betenung,   Naga Tayap, Pangkalan Suka, Sandai,   Randau, Kalam, Balai Berkuak, Ketapang, Sanggau, Sungai Ambawang, Lintang Batang, Kubu Raya Dan diujung perjalanan Kota Pontianak. Aku melakukan perjalanan darat ingin melihat bermacam keadaan kehidupan orang-orang, melihat rupa-rupa bangunan yang bermacam-macam dan melihat hamparan keindahan dan kekuasaan Tuhan di permukaan Bumi, melihat kelok-kelok sungai Kalimantan yang terkenal panjang dan bercabang cabang,   melihat tinggi bukit, hamparan hutan dan hamparan rawa. Dalam perjalanan melintasi kota-kota, kabupaten-kabupaten dan provinsi, ada satu Hal yang