Langsung ke konten utama

PAGE 26 1 % MENJADI LEBIH BAIK SETIAP HARI

Aku percaya setiap sesuatu, ilmu dan dasar dari pengetahuan semuanya telah ada dalam diri Nabi Muhammad dan ada dalam al Quran. Perkataan Nabi Muhammad yang pernah kita dengar, pesannya, sunnahnya atau ayat dalam al Quran yang pernah kita tau dijelaskan, dikuatkan dalam ilmu pengetahuan dan penjelasan yang datang di masa kini. Jadi apa saja, untuk meningkatkan kualitas diri, merubah kebiasaan menjadi lebih baik, meningkatkan kinerja perusahaan, menyelesaikan masalah, mengobati penyakit, telah ada di Nabi Muhammad, tinggal kita yanga menemukannya, memahaminya dan meamalakannya.

Seingat ku, jika benar ini adalah maksud dari perkataan Nabi Muhammad :  Orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, orang yang merugi adalah orang yang hari ini sama dengan hari kemari. lalu bagaimana penjelasannya, bagaimana menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Menurut ku ini dijelaskan oleh James clear melalui bukunya Atomic Habit, 1 % menjadi lebih baik setiap hari. Mejadi 1 % lebih baik setiap hari maksudnya, hari ini kita adalah 100% hari kemarin + 1 % lebih baik dari hari kemarin = 1,01. Menurut hitungan matematika jika 1% menjadi lebih baik setiap hari, maka perhitungannya adalah 1,01 pangkat 365= 37,78 di akhir tahun (365 hari berikutnya) maka kita akan menjadi 37 kali lebih baik dari hari kemarin.

Anggaplah menjadi 1 % lebih baik dimulai dari hari ini senin tanggal 27 Juli 2020. maka keadaan kita hari ini adalah 100 % hari kemarin + 100% hari kemarin x 0.01 (0,01 adalah 1%) = 100% + 1% = 101% atau dapat juga disebut kita hari ini adalah 1,01 dari hari kemarin. 1,01 dari hari ahad 26 Juli 2020.

dengan perhitungan ini maka jika kita dapat terus menjadi 1 % lebih baik setiap hari maka di tanggal 27 Juli 2021 kita kan menjadi 37 kali lipat dari pada hari ini. bukankah itu luar biasa.

lalu bagaiamana penjelasan 1 % menjadi lebih baik setiap  hari? bagaimana caranya. Cara nya dapat kamu temukan di buku Atomic Habits karya James Clear. Aku akan memberikannya sepemahaman yang dapat diberrikan. 

Menjadi 1 % lebih baik dilakukan dengan cara membentuk kebiasaan kecil. kebiasaan kecil dilakukan terus menerus seetiap hari. selalu dilakukan. dengan kadar paling kecil adalah melakukannya selama dua menit. untuk contoh kebiasaan kecil yang bisa dilakukan membaca buku setiap hari setelah shalaat dzuhur jam 12.30 minimal selama 2 menit. entah itu membaca satu halaman, atau satu kalimat. Kebiasaan ini terus dilakukan setiap hari.

Orang yang terus membaca setiap hari maka dengan anugerah Allah ia akan mendapat pengetahuan baru setiap hari, pola pikir baru setiap hari, pengalaman baru dari penulis buku setiap hari, informasi baru setiap hari dan seakan akan ia terus belajar setiap hari. Belajar dari pengarang buku. jika yang mengarang adalah robert kiyosaki, maka setiap hari seakan-akan belajar dengan robert kiyosaki, pengaranganya james Clear maka seperti belajar langsung dengan James Clear.

Kebiasaan berikutnya yang dilakukan dapat berupa menulis setiap hari minimal selama dua menit. menulis dapat berupa menulis satu artikel, menulis 1.000 kata, menulis satu halaman, menulis satu paragraf atau menulis satu kalimat, atau menulis judul saja. Menulis setiap hari.

Menulis dari guru kami Tere Liye mengganjurkan menulislah 1.000 kata setiap hari selama 180 hari. Maka di hari yang ke 180 akan telah siap sebiah naskah buku.

Kebiasaan kecil yang kita lakukan dan terapkan setiap hari akan terus berkembang, terus meningkat, menjadi lebih fokus dan lebih dalam. awalnya akan sangat mudah, dan perlu sangat mudah, kemudian meningkat menjadi mudah, meningkat lagi menjadi cukup mudah, meningkat lagi menjadi sulit  dan meningkat lagi menjadi sangat sulit. Urutan ini dapat dilihat di Atomic habits james Clear sebagai berikut

1. Sangat mudah = Menulis satu kalimat
2. Mudah            = Menulis satu paragraf
3. Cukup mudah = Menulis 1.000 kata
4. Sulit                = Menulis artikel sepanjang 5.000 kata
5. Sangat Sulit    = Menulis buku

Kebiasan yanag dilakukan secara terus menerus ini hasilnya luar biasa. jika ini benar sesuai maksud perkataan Nabi Muhammad yaitu Istikomah khairun min alfi karomah. istikomah (terus menerus, rutin, konsisten, disiplin, sambung menyambung) itu lebih baik dari seribu karomah. dan amal yang disukai adalah amal yang dikerjakan secara istikomah (terus menerus) meski amal itu kecil

Luar biasanya yang ada didiri Nabi Muhammad, satu perkataan saja dapat ditunrunkan menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang sangat penting.  

Kebiasaan kecil selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mebaca satu artikel setiap hari. artikel bisa berbahasa indonesia atau bahasa inggris. pilih yang paling disukai. Artikel yang dibaca akan menambah pengetahuan, membuka wawasan, memberikan sudut pandang baru, dan banyak manfaat tambahan lainnya. untuk contoh artikel yang bisa dibaca adalah di jamesclear.com. 

kebiasaan kecil ini akan terkumpul, menjadi energi yang besar yang pada saatnya nanti akan memberikan dampak baik yang luar biasa bagi kita. kebiasaan ini pun akana mampu memberikan dampak yang baik untuk menimbulkan kebiasaan dan hal hal baik lainnya. 

Tidak masalah dimananpun aku, kamu dan kalian berada saat ini, apapun kondisimu saat ini, Mulailah sekarang menjadi 1% lebih baik setiap hari. Mulailah. entah merasa siap atau tidak. Mulailah melangkah sekarang, menjadai 1 % lebih baik setiap hari

Hari ini ada belajar : 
Belajar pengalaman dan pelajaran berharga dari seorang atasan tempat aku bekerja, bahwa data itu dicetak, supaya mudah melihatnya, buat satu kumpulan data yang mencakup semua kegiatan operasional dan diperbaruai setiap saat, sehingga jika ada rapat atau menyampaikan materi atau ditanya kita sudah siap karena sudah ada data, ketika kita harus tau dan mulai mempelajari dan menguasai banyak hal. pengetahuannya harus luas dibidang lainnya. supaya annti ketika saatnya kita berada tanggung jawab dan tugas atasan saat ini kita sudah siap. karena nanti kalian yang akan melanjutkan disini, nanti kalian yang meneruskan, kalau sekarang belum saatnya, belum mampu, belum waktunya

Pertanyaan kenapa kita harus menghadapi masalah, kenapa harus kita yang menerima, Sebuah syair tabassam mengajarkan bahwa lihatlah sejarah nabi Muhammad. Betapa baik budi pekertinya, betapa mulia akhlak nabi Muhammad, dan betapa tingginya kedudukan dan pangkat Nabi Muhammad di sisi Allah, tapi kenapa beliau mendapat ujian yang berat, ujian yang banyak, perjuangan yang besar, kenapa tidak dimudahkan saja karena beliau orang yang mulia, yang pangkatnya tinggi yang akhlaknya baik, yang baik kepada asemua orang. Kenapa beliau juga diuji, dicoba, tantangan datang, tantangannya tidak kecil bahkan besar, berat. 

Ujiannya ayahnya meninggal saat  masih kecil, ibundanya meninggal, jadi yatim piatu, padahal belia paling jujur, bahkan sangat sangat jujur, tapi tetap saja di cela, diejek, dikatakan yang tidak tidak. 

Bandingakn dengan diriku, dengan kamu, dengan kalian, sedekat apa pangaktnya, kedudukannya, kemuliaannya, kejujurannya, kebaikan akhlaknya, kebaikan perbuatannya, kepemurahannya, kebaikan keturunnanya, lalu kita bertanya kenapa kita diuji dan mengalami seperti ini? 

Bukankah ketika kita mengalami ujian, cobaan dan tantangan, kita telah mulai mirip dengan Nabi Muhammad, dimana beliau juga mendapat ujian, mendapat cobaan. 


Balikpapan, 27 Juli 2020
23.09 Wita
Jumlah kata : 1.024 kata
[ke 1] = [179]

Bacaan :
Clear James, 2020. Atomic Habits. PT Grameedia. Jakarta

Clear James
https://jamesclear.com/articles


Setiawan Agus. 2019. Bacakilat 3.0 Hacks The Way you read. Quarius:Jakarta
Atau ebooknya di sini :
https://onlinecourse.id/ebook-bacakilat/affl/Endar%20Prayudi/?campaign=airhati

Pelatihan bacakilat online di sini :
https://onlinecourse.id/bacakilat-home-study-course-salespage/affl/Endar%20Prayudi/?campaign=airhati

Penghitung kata online
https://www.orion-services.biz/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra