Langsung ke konten utama

IBU DAN CUCU , AWAL TAHUN 2024 PAGE 71

Senin memulai lembaran buku baru di tahun 2024. Tahun 2024 ini akan menjadi tahun yang menginspirasi, tahun yang penuh dengan kesan dan tahun pertumbuhan dan banyak keajaiban. Di awal tahun ini banyak sekali anugerah, nikmat dan kebahagaiaan yang diterima. Salah satunya hari ini ayah dan ibu untuk pertama kalinya mendatangi dan melihat langsung cucunya di rumah Banjarmasin. Ibu menggendong Salman, dan terlihat di wajah ibu begitu bahagianya wajah beliau menggendong cucunya. Wajah ibu yang penuuh cinta dengan kasih saying dan kelembutannya. Cara tangannya meemagang terlihat sebagai tangan yang berpengalaman. Mengambil Salman yang awalnya tidur di kasur diambil dengan kedua tangan ibu, digendongnya di letakkan pangkuannya sambil melihat wajahnya. Ibu melihat wajah cucunya, Salman dengan penuh cinta dan kasih sayang. Dan aku melihat wajah ibu yang penuh dengnan kasih sayang dan kelembutan. Rasa bergetar hati ini melihat wajah ibu yang begitu teduh, penuh cinta.

Salman masya Allah tabarakallah adalah anugerah Allah yang diberikan dan diamanahkan kepada Ku, kepada keluarga besar kami. Cucu pertama bagi orang tuaku dan cucu pertama bagi orang tua istriku. Ketika di Banjarmasin ini, di rumah mertua, neneknya yaitu ibunya istri adalah yang sangat perhatian dan kasih sayang kepada cucunya. Beliau yang hampir selalu mengurusi dan memberikan perhatian kepada Salman, mulai menyeka, mengganti pakaiannya, memberikan susu, menggendong ketika salman minta perhatian.

Ibuku dan ibu mertua begitu sayangnya kepada salman dan terasa sampai kepada kami betapa rasa sayangnnya kepada cucunya sangat besar. Ketika Salman diurusi ibu mertua dan ketika salman digendong ibuku, seakan akan begitu jelas terlihat dan terbayang ketika aku kecil dulu. Aku saat usia masih bayi, apa apa diurusi kedua orang tua, mulai dimandikan, diganti popoknya, dibersihkan ketika BAB dan BAK. Diminumi Asi beliau, dibuatkan dan didatangkan susu dengan odotnya ke mulutku, dipeganginya sambil meminumi susu. Digendong ketika nangis, digantikan baju, dibedong, rutin diurusi. Begitu banyaknya jasa, perhatian, bantuan, cinta, kasih sayang dan perhatian penuh yang orang tua berikan kepadaku. Maka patutlah bagi seorang anak agar ia selalu berbakti kepada kedua orang tuanya dimanapun dan kapanpun ia berada dan hidup di dunia. Di belahan bumi manapaun, di kota dan provinsi manapun, diwaktu kapanpun maka berbabakti kepada kedua orang tua adalah hal yang sangat-sangaaat perlu dan penting untuk dilakukan.

Kedua orang tua juga asal muasal  daridiri seorang anak untuk bisa lahir ke dunia. Dari cinta kedua orang tualah kita lahir di dunia ini. Ya allah jadikanlah kami anak yang dapat mengetahui betapa besarnya jasa, perhatian, cinta dan kasih sayaang kedua orang tua kami kepada kami. Dan mampukanlah kami dan jadikanlah kami anak yang dapat berbakti kepda mereka di dunia dan di akhirat. Kami tak akan mampu untuk membalas semua kebaikan, cinta dan kasih sayang yang telah mereka berikan kepada kami ya Allah, hanya kepada engkaulah kami berharap dan memohon agar engkau yang membalas kedua orang tua kami, menyayangi kedua orang tua kami, mencintai kedua orang tua kami di dunia dan akhirat. Ya Alalh ampunilah dosa dosa kami dan dosa kedua orang tua kami dan sayangilah mereka ya Allah, sayangilah kedua orang tua kami ya Allah seperti mereka menyayangi kami diwaktu kecil. Karena hanya engkaulah yang mampu bembalas kebaikan kedua orang tua kami ya Allah. Aamiin..

Hari ini ketika pulang dari melihat cucunya, ayah dan ibu pamit mau kembali pulang ke rumah di Kapuas. Setelah pamit aku mengantarkan ayah dan ibu sampai di kendaraan. Setelah turun dari rumah mertua ibu ingin singgah di masjid untuk mendirikan shalat dzuhur, membuka tempat wudhu dikunci, membuka tempat wudhu satunya juga dikunci. Ma, shalat di seberang aja, ada mushollah/langgar di situ. Yang Tingkat itukah kata bapak. Iyaa. Kami berjalan menuju langgar/musholla. Melihati tempat wudhunya ada dan terbuka tidak terkunci, alhamdulillah ibu dan aku bisa wudhu di situ. Setelah berwudhu kami shlat di mushola tersebut. Alhamdulillah hati tenang sudah shalat. Selesai shalat lanjut jalan kaki mengantar ibu dan ayah ke parkiran kendaraan. Meskipun jaraknya cukup dekat, bisa mengantar ibu dan ayah jadi kesempatan besar dan spesial untukku bisa membersamai mereka. Semoga segera bisa kembali bekerja yang tempatnya lebih dekat dengan kedua orang tua sehingga bisa sering mengunjungi mereka.

Setelah bersalaman, ibu dan ayah berangkat ke Kapuas. Aku jalan kaki pulang ke rumah. Aku sayang kedua orang tuaku, sayang kedua mertuaku. Karena mereka semua adalah orang tua yang penuh cinta dan kasih sayang. Semoga dapat mewujudkan sayang diperkataan, diperbuatan, doa, perasaan dan keseluruhannya.

Selain pengalaman berharga dengan orang tua tercinta, hari ini aku berkunjung ke Gramedia Banjarmasin. Mencari buku bacaan untuk menambah pengetahuan bulan Januari 2024. Hanya ada waktu sekitar satu jam di gramed karena mengejar agar dapat sampai kembali ke rumah sebelum magrib. Alhamdulillah dapat satu buku untuk bacaan bulan ini. Saya berkomitmen membeli satu buku baru setiap bulan dan berkomitmen membaca satu jam sehari. Tujuannya menerapkan deliberate practice WCM Agustus 2023.

Alhamdulillah. Kilas balik di tahun 2023 banyak anugerah dan karunia yang telah diterima dan didapatkan. Diantara anugerah itu yaitu dapat berkesempatan mengikuti workhshop How to be The World Class Manager di Agustus 2023, Practical Problem Solving and Making Decision di Agustus 2023, Bussines Fundamental Skill di November 2023. Workshop yang luarbiasa, yang keren dan membuka semakin luas cakrawala pengetahuan, cakrawala pikiran dan cakrawala pembelajaran. Tiga workshop itu dimulai dengan membaca sebuah buku yang berjudul The Manager sebuah novel bisnis. Yang pada awalnya ketika di Gramedia pertama kali melihat buku itu, the manager  novel bisnis berdasarkan kisah nyata. Pada pandangan pertama sudah tertarik pada buku itu, dan melihat investasi yang diberikan untuk mendaptkannya tidak ringan untuk mau membelinya. Kali kedua di gramed melihat buku the manager pun tambah ingin membeli dan karena investasi yang diberikan cukup besar belum membelinya. Dan ketika ke gramed melihat novel bisnis itu dengan keinginan tambah kuat meringankan hati untuk mengambilnya dan membawanya ke kasir untuk meberikan investasi agar dapat mebeli buku nya.

Baca dilembar pertama, kedua, ketikga, awalnya biasa, dan ketika semakin dibaca kelembaran berikutnya menjadi semakin menariklah isi bukunya dan semakin membuka wawasan tentang managerial. Aku yang jurusan kuliahnya bukan dibidang managerial maka hal managerial ini adalah hal baru bagiku dan tergambar mulai bagaimana manager itu bertugas dan bertindak menjalankan fungsinya.

Dengan cepat ku selesaikan buku the manager itu. Aku begitu terkesan hingga mencari pengarangnya di media digital, menemukan beliau Pak Armala di youtube di tonton serial youtube nya di niaga TV. Bertambah terbuka wawasan tentang managemen. Ternyata beliau sudah sejak lama ada dan membagikan pengalamnan beliau menajdi manager kelas dunia. Sekian tahun baru ini aku mengetahui dan membaca tentang beliau. Kemana aja ya selama ini.

Alhamdulillah setelah mengetahui media onlinenya. Ternyata ada workhshop yang beliau adakan, alhamdulillah ada dukungan dari istri dan ada rizkinya serta ada dukungan dari kantor cutinya sehingga mengikuti kelasnya. Alhamdulillah sangat memberikan wawasan dan pengetahuan yang besar tentanng management.

Di kelas How to be The World Class Manager (WCM) diajarkan tentang apa itu manjemen, apa itu manajer, jenis jenis manager, kemampuan dan kompetensi yang perlu dimiki oleh seorang manager, bagaiman manager menjalankan fungsinya merubah Perusahaan menjadi Perusahaan kelas dunia, perbaikan dan proble solving dilakukan Bersama sama, mental pemenang, menajdi diri yang produktif, memimpin diri sendiri, penggunakaan waktu sehingga menjadi produktif, daily activity plan, weekly review meeting, rekomended lah workshop dan kelasnya. Jika ada nilai review maka saya meriew dengan nilai 10 pada skala 1 – 10.

Di workhshop practical probel solving dan making decision diajarkan tentang persoalan, masalah, masalah adalah makanan sehari hari manager, masalah adalah hal yang biasa dan lumrah, kita perlu setingkat lebih tinggi dari masalah, alat untuk pemecahan masalah, analisis data, mengambil Keputusan.

Di kelas Business fundamental skill diajarkan tentang bagaimana membangun sistem Perusahaan/bisnis, membuat norm (standar), tentang SDM, Tentang Goal, Planning, Execution dan Review.

Workshop yang diikuti, buku yang dibaca adalah menambah pengetahuan. Pengetahuan yang dipraktekan akan menjadi keterampilan. Dan keterampilan yang terus dipraktekkan akan menjadikan seseorang ahli. Ikut workshop, training, kelas, baca buku apakah otomatis menjadikan kita terampil dan ahli? Tidak. Namun mengikuti kelas pembelajaran, kita telah menambah pengetahuan kita, yang hal itu menjadi dasar dan benih untuk tumbuh menjadi terampilan dan kelak menjadi ahli dibidang yang kita pelajari dan praktekkan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempraktekannya agar menjadi ahli dan terampil. Pakar mengatakan bahwa butuh waktu sebanyak 10.000 jam agar dapt menjadi ahli ketika mempraktekannya.

Banjarmasin, 1 Januari 2024. Endar Prayudi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra