Langsung ke konten utama

PAGE 63 PERTEMUAN ENERGY RANGER

Adalah Ilmi seorang karyawan di salah satu perusahaan energi di Indonesia. Umurnya 35 tahun. Badannya tinggi dan kekar. Ilmi merasakan berat dan malas beraktivitas di malam hari ini. Pekerjaan seharian tadi terasa melelahkan karena harus membersihkan tabung-tabung tempat menyimpan energi dari lichen yang banyak menempel di atas perrmukaan tabung penyimpanan.  

Ilmi berpikir apa aku tidak usah hadir di pertemuan malam bersama para Energyrenger. Aku bisa istirahat tidur cepat. Sore tadi diberitahukan bahwa malam ini pertemuan dengan tema aplikasi platform baru  energibuiltsucces. Aku tidak hadir nanti aku tidak tahu materi dan ilmu yang disampaikan. Ah nanti ada saja rekamannya. Kalau tidak ada rekamannya bagaimana. Ketinggalan dong. Pikiran ilmi terus bersahutan.

Aku berdiri lurus dan dengan gontai berrjalan menuju kamar mandi untuk menyegarkan dan membersihkan badan agar lebih bersemangat. Swiiing… rasa sejuk menyentuh bahu, lengan, tangan pinggang dan sampai pergelangan kaki ketika air mengalir melewati permukaan kulit tubuhku.

Setelah mandi badan terasa lebih segar. Mataku melirik jam di dinding, Wwoow.. waktunya pertemuan energyrenger telah sampai. Aku berlari segera menghidupkan leptop. Jaringan wifi diconnectkan dan sembari proses loadingnya aplikasi aku ke dapur membuat segelas kopi hitam panas untuk menemani pembelajran malam.

Pertemuan dimulai, diisi oleh Mas Lukman dan Mas Akbar. Biografi menceritakan perjalanan hidup para tokoh berpengaruh, namun diantara biografi tersebut perjalanan tokoh ketika umur 1 sampai 3 tahun jarang yang menyampaikan karena tidak ingat kejadiannya. Maka saya menulis perkembangan anak saya satu-satunya. Mas Lukman berbicara memulai membuka  materi.

Perkembangan anak saya tuliskan setiap hari selama satu tahun. Ketika sampai di hari ulang tahun anak, Aku memberikan semua tulisan itu dalam bentuk sebuah buku sebagai hadiah kado ulang tahun. Anakku senyum-senyum sendiri ketika mebaca tulisan tentang dirinya dalam buku itu. Semenjak itu aku ketagihan menulis setiap hari dan setiap tahun, hingga tercetaklah beberapa buku dengan judul yang berbeda-beda setiap tahunnya. Sesuai dengan kejadian atau permainan penting apa yang dilakukan anak dalam tahun itu.

Pernah suatu tahun saat ulang tahunnya, Aku menanam kotak harta karun di dalam tanah. Ku buatkan peta harta karun dengan petunjuknya. Aku memberikannya ke anak agar dia mencarinya dan memecahkan petunjuk hingga menemukan harta karun.

Setiap tahun permainannya berganti sesuai dengan pertumbuhan, usia dan perkembangan anak. Ilmi merasa idenya mas Lukman luar biasa dan keren. Idenya menuliskan biografi perlu diikuti dan dicontoh. Menuliskan biografi anak, biografi pekerjaan dan biografi pembelajaran. Setahun, dua tahun, tiga tahun, lima tahun, tujuh tahun sampai sepuluh tahun akan menjadi tulisan yang menarik karena dihasilkan dari pngalaman nyata.

Dengan rasa semangat yang besar dan menggebu-gebu, ilmi berniat menuliskan biografi anaknya, biografi pekerjaan dan biografi pembelajaran. Selesai pertemuan Energyrenger, ilmi membuka lembaran halaman baru di leptop, ketika sesaat ingin menekan tombol keyboard, ingin menulis. Tiba-tiba tidak ada ide mau menulis tentang apa. Ah ga ada ide. Ga jadi nulis ah. Belum ada ide. Tapi kalau ga jadi nulis dan ditunda besok, malah nanti ga jadi jadi nulis. Aku teringat kata tere liye “ketika kamu tidak tau apa yang mau ditulis maka ketikkan lah dileptopmu  aku mau menulis apa ya, belum ada ide, apa menulis ini saja ya..?” 

Dan ampuhhh…. Keluarlah ide menulis dari otak depan yaitu menulis tentang yang dipejari tadi saat perrtemuan Energyrenger.

Diantara isi materi Energyranger, bahwa jadilah penulis amatir yang terus menulis. Minimal karya sebuah buku yang kamu berikan untuk kehidupan sebelum kamu meninggal dunia. Ikatlah ilmu dengan tulisan. Menulis adalah warisan untuk generasi berikutnya. Menulis adalah healing. Menulis adalah menginsprasi. Menulis adalah melatih menyusun, meluruskan dan mengatur pikiran.

 

Balikpapan, 16 Maret 2022. Endar Prayudi. 572 kata.

 

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra