Langsung ke konten utama

PAGE 48 APA TUGAS KHUSUSMU?

Assalamualaykum warahmaatullahi wabarakatuh para pembaca airhati. Terimakasih atas perhatiannya membuka dan melihat tulisan ini. Para pembaca sekalian yang saya yakini punya kelebihan, keunggulan, keunikan dan keistimewaan masing-masing. Ternyata, setiap diri kita punya misi khusus yang diberikan Allah. Misi khusus untuk kita laksanakan. Misi atau tugas ini akan membuat kita mampu membawa kebaikan di dunia. Tugas khusus yang telah dibuat istimewa dan berbeda setiap masing masing orang. Tugas ini telah dicetakkan dalam kode khusus yaitu dalam sidik jari kita. Ada orang yang sudah menemukannya dan melaksanakan tugas itu pada jalurnya. Ada yang masih mencarinya, berusaha menemukan apa sebenarnya arti dan makna dari tugas diri kita. Masih mencari. Dan ada pula yang tidak menyadari bahwa dia punya keistimewaan dan tugas spesial dari Tuhan.

Saya sendiri merasa baru mengetahui dan baru tersadar bahwa punya alasan dan tujuan Allah menciptakan kita. Saya masih mencarinya, masih berusaha untuk menemukannya. Apa tugas khusus itu yang perlu kita tunaikan. Ketika seseorang ditugaskan, tentu telah dilengkapai dengan segala kebutuhan dan bekaln yang mampu membantu untuk menyelesaikan tugas itu. Doakan ya agar saya, anda, dia, kita bisa segera menemukan tugas khusus itu dan dapat menjalankan dan menunaikannya dengan baik. Aamiin.

Baiklah, dalam pencarian apa misi khusus, boleh dicari dari menulis. Bunda sofie Beatrix pernah menyampaikan, kurang lebihnya ketika kita menulis suatu tulisan atau diary tulislah yang baik-baik dari hidupmu. Maka engkau akan melihat bahwa hidupmu indah. Namun jika engkau menulis yang sedih-sedih, yang susah-susahnya maka engkau akan melihat bahwa hidupmu menyedihkan. Maka pilihlah menulis yang baik. Bilapun kesedihan akan engkau tulis, maka sertakanlah hikmah dan pelajaran yang didapat dari kejadian itu. Agar hidup terus indah ditengah pergantian suasana dan episode warna kehidupan.

Saya teringat cerita dibalik kesuksesan orang-orang, dibaliknya ada Latihan terus menerus yang telah dilakukan rutin bertahun-tahun lamanya. Setiap hari, sedikit demi sedikit, tapi rutin, satu jalur, semakin meningkat, dan mampu melewati rasa bosan dan jemu. Yang awalnya tak terlihat ada manfaat dan hasil positifnya, yang pada akhirnya setelah waktu berbicara hasilnya mulai dilihat. Oleh dirinya sendiri dan orang lain. Latihan dan kegiatan yang selama ini rutin dilakukan memberikan manfaat dan hasil positif dalam hidupnya.

Latihan terus menerus ini dalam atomic habit disebut dengan 1% Latihan peningkatan diri menjadi lebih baik setiap hari. 1% ini akan terakumulasi menjadi belasan %, puluhan %, ratusan %, ribuan % perubahan diri menjadi lebih baik.

Latihan ini dalam HCR High Class responnya Mas Harry firmansyah disebut dengan meningkatkan respon. Meningkatkan respon yang dilatih terus-menerus. Dari respon basic, expected, desired, hingga ke wow respon. Respon yang dirancang terus menerus, hingga menghasilkan bentuk respon diri yang terbaik.

Latihan rutin ini dalam Kubik leadership disebut dengan tabungan energi positif, dan pembentukan valensi. Energi positif (epos) yang terus-menerus dikumpulkan akan menjadi besar dan dapat dicairkan pada waktunya. Valensi yang ditingkatkan terus-menerus, yang tadinya berbentuk seperti udara/gas maka lama-kelamaan akan mengembun menjadi air, mengendap menjadi endapan dan akhirnya mengeras seperti karang yang membentuk kompetensi diri.

Latihan rutin ini yang disebut juga dengan deliberate practice, atau praktek yang disengaja, diatur, yang punya tujuan, dan kapasitasnya terus meningkat seiring berjalannya waktu. Yang disebut juga dengan 10.000 jam terbang.

Dalam perjalanan dan kehidupan, diantara yang rutin dan terus meningkat yang kita telah melakukannya tapi tidak sadar, seperti kita makan. Terus menerus kita lakukan mulai dari kita makan dalam bentuk Asi, bubur, makanan bayi, kemudian meningkat-meningkat sampai sekarang. Hasilnya dapat kita lihat tubuh kita menjadi besar dan tinggi. Latihan rutin yang kita lakukan adalah makan, jalurnya tetap sama yaitu makan, namun bentuk makannnya dan jumlahnya yang terus meningkat.

Nah, untuk misi/tugas khusus ini yang kembali lagi harus dan perlu kita cari dan temukan. Kita ditugaskan menjadi apa, perubahan positif apa yang akan kita berikan untuk sekitar. Yang merupakan kelebihan kita, yang merupakan panggilan Nurani kita. Hal yang membuat kita tenggelam dan terhanyut dalam fokus dan konsentrasi saat melakukannya. Sesuatu yang dapat memberikan nilai tambah bagi kita dan orang lain.  

Boleh jadi kita sekarang belum menemukannya, namun tetaplah berjuang dan berusaha mencarinya. Hingga, biarlah Allah yang menunjukkan jalannya.

Balikpapan, 23 Juni 2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra