Langsung ke konten utama

PAGE 43 MESIN KECERDASAN GENETIK

 

Manusia dianugerahi organ yang sangat istimewa yaitu otak. Organ otak ini lembut namun nilainya dan perannya luar biasa, yaitu sebagai pusat pengendalian seluruh organ tubuh yang lainnya seperti mata, hati, jantung, paru-paru tangan kaki dan bagian tubuh lainnya. Otak juga merupakan tempat penyimpanan segala informasi dalam hidup kita.

Setiawan A. dan Anton J, 2019 menyebutkan bahwa susunan otak kita terdiri dari sekitar 72 sampai dengan 78 % nya adalah air, 10 s.d 12 % nya adalah protein dan 8 s.d 10 % nya adalah lemak. Otak memiliki berat sekitar 2% dari keseluruhan berat tubuh kita, namun menggunakan 20 % Oksigen dan 20% kalori kita. Karena banyaknya proses yang terjadi di dalam otak maka banyak pula energi dan kalori yang diperlukan oleh otak.

Otak kita terdiri dari sekitar 1 triliun sel otak, yang terbagi menjadi 100 miliar sel aktif dan 900 miliar sel pendukung. Kamu dan saya memiliki jumlah sel yang sama (Setiawan A. dan Anton J, 2019). Tapi kenapa sifatnya berbeda? Dan kepintarannya berbeda?

Yang membuat seseorang menjadi lebih pintar dari yang lainnya adalah jumlah sambungan antar sel berbeda tiap orang. Sambungan antar sel yang lebih banyak akan semakin membuat orang lebih pintar. Sambungan sel itu terjadi Ketika kita membaca, melihat, melakukan atau mempelajari hal  baru. 1 sel otak dapat berhubungan membuat sambungan dengan 20.000 sel otak lainnya. Jika Einstein yang dikatakan sangat jenius baru menggunakan 10% bagian dari otaknya, berarti setiap manusia, kita memiliki potensi sangat besar untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan menjadi jauh lebih hebat dan lebih besar (Setiawan A. dan Anton J, 2019)

Setiawan A. dan Anton J, 2019 menyebutkan bahwa John Von Newman meneliti dan menghitung kapasitas otak manusia dan menghasilkan bahwa jika kita membaca semua buku pada seluruh perpustakaan di dunia, termasuk perpustakaan Balikpapan maka otak kita belum penuh dan masih menyisakan ruang ksoong untuk bisa menampung informasi lagi. Masya Allah, luar biasa ciptaan Allah yang dianugerahkan dan diberkan kepada kita yaitu otak.

Setiawan A. dan Anton J, 2019 menyebutkan pula bahwa seorang peneliti dari Maxplanc Institute, Prof. Sean Adams pada penelitiannya menyebutkan bahwa otak manusia yaitu otak kita hanya akan penuh jika setiap 1 detik kita belajar 1 hal baru selama 30 juta tahun. Masya Allah tabarakallah. Umur kita kebanyakan maksimal 100 tahun, masih ada 29 juta tahun lebih kita bisa mengisi informasi lagi. Saya rasa ini kaitannya jika kita bisa mengisi waktu dengan waktu yang berkah untuk meningkatkan kapasitas diri, seperti yang diajarkan guru kita bahwa shalat awwabin 6 rakaat antara magrib dan isya nilainya sama dengan 12 tahun ibadah. Jika dikerjakan setiap hari mkaa selama 10 hari kita dinilai ibadah 120 tahun. jika dikerjakan 100 hari maka dinilai ibadah 1.200 tahun. Jika dikerjakan 1000 hari seperti 12.000 tahun. Inilah salah satu alternatif agar bisa mengisi kapasitas otak yang akan penuh selama 30 juta tahun.

Otak sama, lalu apa yang membuat sifat tiap orang berbeda? Jawabannya adalah karena genetik dan lingkungannya berbeda. Segala sifat yang kita miliki saat ini yang muncul disebut dengan fenotip kita. Fenotip kita tersusun dari 20 % genetik dan 80 % lingkungan.

Fenotip = 20% genetik + 80% lingkungan

20 % genetik ini adalah khusus bagi kita. 20% genetik ini seperti prinsip pareto 20% yang jika difokuskan dapat memberikan hasil besar.

Dalam strata genetik menurut STIFIn, tingkatan yang paling tinggi adalah jenis kelamin, mesin kecerdasan (MK), Drive, kapasitas hardware dan golongan darah.

Mesin Kecerdasan  (MK) adalah sistem  operasi dalam otak kita. Jika diibaratkan komputer maka mesin kecerdasan ini adalah sistem operasinya seperti windows, aple, atau android. Manusia memiliki 5 macam mesin kecerdasan. Ada mesin kecerdasan Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting.  Mesin kecerdasan ini artinya sistem operasi yang berjalan dalam otak kita. Diantara ke 5 jenis mesin kecerdasan tersebut ada salah satunya yang paling dominan yang menjadi pemimpin dalam menjalankan sistem operasi dalam otak kita. 1 mesin kecerdasan yang dominan/Pemimpin, sedangkan 4 mesin kecerdasan lainnya ada, namun sebagai pendamping yang berada dibawahnya.

Mesin kecerdasan ini adalah tempat pada otak dimana sistem operasi dan jenis operasi pada otak berlangsung. 5 mesin kecerdasan ini menempati bagian tertentu pada otak. Ada bagian limbik kanan, limbik kiri, neurokorteks kanan, neurokorteks kiri dan otak tengah.

Setiap orang memiliki satu jenis mesin kecerdasan yang dominan dan menjadi pemimpin. Mesin kecerdasan ini telah dianugerahkan tuhan dan telah ditetapkan tuhan kepada kita agar menajdi ciri khas dan kelebihan bagi kita. Jika kita dapat meningkatkan dan mengembangkan diri melalui dan melewati mesin kecerdasan yang dominan ini maka hasilnya akan lebih besar, optimal dan gue banget.

Lalu bagaimana kita mengetahui apa mesin kecerdasan yang menjadi pimpinan dan bawaan dari lahir dalam otak kita dalam diri kita? Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan tes sidik jari. Pola pada sidik jari kita mampu menunjukkan mesin kecerdasan yang dominan dan posisi nya pada otak. Melalui tes sidik jari STIFIn. Dari tes Stifin maka akan diketahui dua jenis genetik, yaitu jenis mesin kecerdasan dan drive pengemudinya. Mesin kecerdasan ada 5. Sedangkan Drive pengemudinya ada 2 yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert dan ekstrovert ini bersifat genetik bukan fenotip seperti Ekstrovert dan Introvert yang kita ketahui pada umumnya.

Ketika kita sudah mengetahui jenis mesin keccerdasan yang menjadi pemimpin dan dominan bawaan lahir kita, maka selanjutnya adalah mengembangkan diri berfokus pada jalur mesin keccerdasan itu. Misalkan seorang dengan mesin kecerdasan Feeling ekstrovert (Fe) yang memiliki keunggulan komunikasi, membimbing, perasaan dan interpersonal maka pengembangan dirinya dapat berfokus pada mengembangkan komunikasinya, mengembangkan kemampuan membimbingnya dan kemampuan interpersonalnya.  Dalam memimpin, seorang Feeling ekstrovert yang pertama dia lakukan adalah dia harus bisa memimpin dirinya (self leadership). Seorang Feeling ekstrovert dia juga harus yakin dan bernyali tinggi.

Beberapa sumber informasi dan buku untuk mengembangkan seorang Feeling ekstrovert yaitu :

1.       Buku Konsep palugada apa lu mau gua ada. Farid Ponimanmdan Rahman Andi Mangussara. 2013. STIFIn Institute. Jakarta

2.       File Matra STIFIn SA

3.       Buku STIFIn Personality mengenali mesin kecerdasan anda Edited. Farid Poniman. 2011. Griya STIFIn. Bekasi

4.       Buku Cara Belajar Gue Bangeeeettt car acara belajar menurut kecerdasan dan potensi genetic. Ibay Toyyibah. 2017. PT Elex Media Komputindo.  Jakarta.

5.       Buku Ini GUe Banget temukan kekuatan rahasiamu, jadilah apapun yang kamu mau. BRili Agung dan Dodi Rustandi. 2017. PT Elex Media Komputindo.  Jakarta.

6.       Buku Kubik Leadership solusi esensial meraih sukses dan hidup mulia. Farid Poniman, Indrawan Nugroho dan Jamil Azzaini. 2018. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

7.       Buku DNA Sukses Mulia panduan meraih harta, takhta, kata dan cinta yang tinggisebagai sumber manfaat seluas-luasnya. Farid Poniman, Indrawan Nugroho dan Jamil Azzaini. 2013. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

8.       Buku Speak to change. Jamil Azzaini. 2017. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

9.       Buku ON move yourself. Jamil Azzaini. 2018. PT MIzan Pustaka. Bandung

Sumber Pustaka :

Setiawan agus dan Anton Juni. 2019. Bacakilat fos Students the smart learning strategy. PT Penerbit Buku Aquarius. 2019.

Balikpapan, 7 Desember 2020

Rouhi Fidak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

PAGE 31 TIDUR 3,5 JAM SEHARI SEMALAM

  Foto dari https://www.tokopedia.com/basmahcollection Malam jumat ini telah telah bersia-siap untuk tidur. Di kamar mandi akan mengambil air gosok gigi, ternyata airnya mati. Lalu merebahkan tubuh untuk istirahat. Hanphone telah dimatikan paket datanya. Menarik selimut dan memejamkan mata. Rencananya tidur selama kurang lebih 1.5 jam. Menarik selimut, memejamkan mata. Memikirikan apa kegatan mulai bangun tidur sampai malam ini. Anugerah dan ni'mat apa yang didapat hari ini, diingat semoga bisa sedikit mensyukuri. Tidur mengambil bagian penting dalam kehidupan karena mengistirahatkan tubuh dan memulihkan serta mengembalikan energi agar kembali fit dan pulih besok pagi. Tidur telah diatur oleh Nabi Muhammad, ditunjukkan dan dicontohkan sebagaimana Nabi Muhammad Tidur. Tidur yang luar biasa. Tidur yang sesuai dengan biologis tubuh. Di Kitab Sehari Bersama Rasul 24 Jam Aktivitas Baginda Muhammad dijelaskan bagaimana tidur diatur oleh Rasulullah, oleh Nabi Muhammad. Berikut Tidurnya Ra