Langsung ke konten utama

PAGE 36 ISTRI YANG PERHATIAN

Aku mendapatkan manfaat dari Pelatihan Bacakilat pada kehidupan. Setelah mengikuti bacakilat setiap hari timbul perasaan ingin bertumbuh dan berkembang melalui baca buku. Setiap pulang kerja di rumah jika tidak baca maka aku akan menulis. Istri yang melihat aku sepertinya merasa cemburu, karena aku melihat buku dan leptop saja. Istri juga minta perhatian juga. 

Istri lalu berkata " Baca buku terus. kalau di rumah pulang, kalau ga baca buku ya leptop. Buku terus yang dibaca. Al Quran itu dibaca. Buku terus yang di baca. Al quran ga di baca. Aku terdiam mendengar perkataan istri. Dalam hatiku berkata perkataannya benar. 

setelah itu diusahakan al quran di baca. 

Aku sering mendengar dan membaca kalau rata rata kebiasaan orang orang kaya dan sukses adalah mereka rata rata membaca minimal 30 menit setiap hari. membaca yang bisa membuat mereka bertumbuh. Membaca ini ternyata juga merupakan kebiasaan para guru, dan ulama. mereka mebaca kitab. 

Aku pernah mendengar dari seorang Guru di Lok Bahu bahwa kurang lebih seperti ini, Alm KH  Syarwani Zuhri Balikpapan, yang mengajar di Ponpes Syekh Muhammad Arsyad Balikpapan dan Menjadi Ketua MUI Balikpapan, di rumah beliau yang berbentuk L, di teras rumahnya ada meja dan kursi. dimana di meja itu terdapat kitab/buku yang ketika beliau duduk di situ beliau membaca kitab tersebut. Dan pernah juga mendengar bahwa kuang lebihnya seperti ini Syekh Anang Sya'rani Arif  bahwa di rumah beliau kitabnya dimana mana, kalau kitabnya disusun rapi oleh keluarga beliau, beliau bisa marah, karena biarkan saja kitabnya disitu karena beliau membacanya.

Aku suka sebuah ungkapan, "membacalah agar kamu mengetahui dunia, dan menulislah agar dunia mengetahuimu Jamil Azzaini. Awalnya membaca, mencari ilmu pengetahuan, bertumbuh dan mengembangkan diri. Kemudian berkontribusi memberi kepada dunia dengan menulis. Ada ungkapan bahwa satu kalimat yang kita tulis berasal dari satu buku yang kita baca.

Setelah menulis, maka berikutnya adalah berbicara memberikan dan membagikan ilmu dan ispirasi kepada dunia. Aku puny satu harapan, ingin mengikuti wanna be trainer nya Jamis Azzaini di Akademi trainer. Aku ingin menjadi bagian dari Akademi trainer dan kUbik leadership yang mengispirasi Indonesia. Berbicara yang baik itu penting. Orang yang naik level itu wajib berbicara. 

Berbicara yang baik itu sunnah Nabi Muhammad. Lihatlah ketika beliau berbicara, kata katanya singkat namun mengandung banyak arti yang menggerakkan, menggugah dan membimbing penuh dengan kebaikan. Mari menabung, mengumpulkan uang untuk bisa berinvestasi, untuk bisa mendapatkan aset yang berharga menjadi peserta wanna be a trainer.

1. Aku berniat dan bercita cita mengikuti wanna be trainer nya akademi trainer babeh Jamil Azzaini, dan Aku bertawakal kepada Allah.

2. Aku berusaha mewujudkan cita cita untuk mengikuti wanna be trainer dengan menabung menyisihkan gaji untuk persiapan mendaftar dan mengikuti wanna be trainer. Dengan cara menabungkan sebagian gaji di rekening tersenbdiri khusus untuk investasi mengambangkan diri.dan Aku bertawakal kepada Allah atas usaha tersebut.

3. Semoga hasilnya ada kesempatan, kemampuan untuk mengikuti pelatihan tersebut. dan  hasilnya semoga diberi kemampuan untuk bertawakal kepada Allah.

Balikpapan, 16 Oktober 2020

Rouhi Fidak


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

Page 69 Perjalanan ke Pontianak dan Pena Seribu Mata Pedang

Suatu hari akhir semester, setelah melewati masa ujian semester aku melakukan perjalanan mengelilingi kalimantan. Perjalanan darat lewat bus dan travel. Mulai Kota Banjarbaru, Gambut, Banjarmasin, Anjir Serapat, Memasuki Kalimantan Tengah, Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Jabirin, Tumbang Nusa, Palangka Raya, Pundu, Sampit, Simpang Babi, Pembuang, Nangabulik,   Panopa, Tanjung Waringin, Betenung,   Naga Tayap, Pangkalan Suka, Sandai,   Randau, Kalam, Balai Berkuak, Ketapang, Sanggau, Sungai Ambawang, Lintang Batang, Kubu Raya Dan diujung perjalanan Kota Pontianak. Aku melakukan perjalanan darat ingin melihat bermacam keadaan kehidupan orang-orang, melihat rupa-rupa bangunan yang bermacam-macam dan melihat hamparan keindahan dan kekuasaan Tuhan di permukaan Bumi, melihat kelok-kelok sungai Kalimantan yang terkenal panjang dan bercabang cabang,   melihat tinggi bukit, hamparan hutan dan hamparan rawa. Dalam perjalanan melintasi kota-kota, kabupaten-kabupaten dan provinsi, ada satu Hal yang